Suara Hilang 63, Caleg Perindo Mengamuk  

0
128
Ketua PPS Pemana sedang mencocokan data Model C1 dengan Model C1 Plano untuk klarifikasi saat pleno rekapitulasi di Kantor Kecamatan Alok, Kamis (24/4)
Maumere-SuaraSikka.com: Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Alok di Kabupaten Sikka Propinsi NTT sempat menjadi tegang. Pasalnya Boy, calon DPRD Propinsi NTT dari Partai Perindo mengamuk gara-gara perolehan suaranya hilang sebanyak 63 suara.
Suara yang hilang itu diketahui terjadi di TPS Pemana 04. Pada TPS ini, Boy mendapat 63 suara. Namun pada Model C1, Boy dipastikan tidak mendapatkan suara. Sementara seorang caleg Periondo atas nama Maria Friska Lima mendapatkan 63 suara. Diduga terjadi salah pencatatan, di mana 63 suara yang diperoleh Boy dicatat pada kolom Maria Friska Lima.
Mantan Ketua Partai Bulan Bintang Kabupaten Sikka itu marah-marah saat pleno sedang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Alok, Kamis (24/4). Dia meminta PPK Alok menghadirkan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pada TPS Pemana 04 untuk memberikan klarifikasi.
“Tolong hadirkan KPPS. Apa alasan mereka tidak menulis angka 63 pada perolehan suara saya,” desak dia.
Namun saksi PKPI Edward Lodovic berkeberatan dengan permintaan Boy. Saksi PKPI berpendapat bahwa persoalan 63 suara di TPS Pemana 04 sudah diklarifikasi melalui pencocokan data pada Model C1 Plano. Dalam Model C1 Plano tercatat Boy mendapatkan 63 suara sedangkan Maria Friska Lima tidak mendapat suara.
“Kita sekarang sedang rekapitulasi penghitungan suara untuk TPS Pemana 05. Sedangkan TPS Pemana 04 sudah selesai, di mana 63 suara menjadi milik Boy. Jadi tidak perlu ada klarifikasi lagi. Kalau masih keberatan, sebaiknya bikin keberatan secara tertulis,” ujar saksi PKPI.
Rupanya Boy masih merasa tidak puas jika belum mendengarkan klarifikasi langsung dari KPPS. Ketua PPK Alok Demmy Henriquez menjelaskan bahwa persoalan 63 suara pada TPS Pemana 04 sudah diselesaikan, dan tetap menjadi hak Boy.
Pada saat terungkap persoalan 63 suara di TPS Pemana 04, Boy tidak hadir di lokasi pleno rekapitulasi. Dia baru hadir saat rekapitulasi untuk TPS Pemana 05. Itu pun setelah dihubungi oleh Pius Djari, saksi Perindo yang hadir pada saat rekapitulasi.
Di Desa Pemana terdapat 9 TPS. Boy mendulang suara 785 suara, dari TPS Pemana 01 sebanyak 102 suara, TPS Pemana 02 sebanyak 69 suara, TPS Pemana 03 sebanyak 80 suara, TPS Pemana 04 sebanyak 63 suara, TPS Pemana 05 sebanyak 82 suara, TPS Pemana 06 sebanyak 106 suara, TPS Pemana 07 sebanyak 60 suara, TPS Pemana 08 sebanyak 117 suara, dan TPS Pemana 09 sebanyak 106 suara.
Setelah Boy baru menyusul 3 caleg dari PKS masing-masing Siti Sulastri 74 suara, Zainal Abidin Thayib 56 suara, dan Muhammad Ilham 38 suara. Lalu setelah itu caleg PKB aytas nama Elisabeth Damiana Ene Djawa 37 suara, caleg PKPI Faisal Hasan 34 suara, dan caleg Partai Berkarya Robertus Rass 20 suara.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini