24 SD Ramaikan Olimpiade Sains di SMPK Frater Maumere   

0
86
24 SD Ramaikan Olimpiade Sains di SMPK Frater Maumere
Para peserta sedng mengikuti Lomba Olipiade Sains di SMPK Frater Maumere, Jumat (8/11)
Maumere-SuaraSikka.com: Sebanyak 24 sekolah dasar di Kabupaten Sikka meramaikan Lomba Olimpiade Sains yang diselenggarakan SMPK Frater Maumere, Jumat (8/11). Mata pelajaran yang dilombakan yakni Matematka, IPA, dan IPS. Panitia menyediakan total hadiah sebesar Rp 27.750.000, ditambah tropi bergilir, medali dan piagam penghargaan.
Kepala Sekolah SMPK Frater Maumere Frater Maria Herman Yoseph BHK mengatakan Lomba Olimpiade Sains sudah dilaksanakan selama lima tahun. Tahun ini adalah penyelenggaraan yang keenam kalinya. Selama lima tahun perlombaan sains, SDK Bhaktyarsa selalu menjadi pemenang.
Ketua Panitia Lomba Olimpiade Sains Ardianus Bareng mengatakan perlombaan sains masih menjadi rangkaian kegiatan bersama turnamen futsal yang dilaksanakan pada pertengahan Okteber 2019 lalu.
Dia menyebut setidaknya ada tujuh alasan diselenggarakan Lomba Olimpiade Sains. Pertama, menyediakan wahana bagi peserta didik SD/MI untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang Matematika, IPA dan IPS.  Kedua, memotivasi peserta didik untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik. Ketiga, memotivasi peserta didik untuk mengaplikasi pengetahuan bidang Matematika, IPA dan IPS dalam kehiduoan sehari-hari.
Berikutnya keempat, memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreatifitas pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS. Kelima, memotivasi lembaga/institusi untuk mengingkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan. Keenam, meningkatkan daya kreatifitas dan mental kompetitif peserta didik. Dan ketujuh, membina rasa persaudaraan antar para peserta didik yang mengikuti lomba.
Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo hadir pada kesempatan seremoni pembukaan kegiatan yang berlangsung di Aula Mardiwiyata. Alumni SMPK Frater yang tamat Tahun 1988 itu didaulat memberikan sambutan dan membuka kegiatan dengan simbol memukul gong.
Fransiskus Roberto Diogo yang biasa disapa Robby Idong mengatakan daya saing menjadi tuntutan pendidikan yang tidak bisa dihindarkan. Karena itu dia memberi respek atas kegiatan perlombaan sains yang dilaksanakan SMPK Frater Maumere.
24 SD Ramaikan Olimpiade Sains di SMPK Frater Maumere
Peserta Loba Olimpide Sains dari SDK Bhaktyarsa Maumere
Lomba Olimpiade Sains diikuti SDI Madwat, SDI Wairklau, SDK Maumere IV, SDN Hubing, SDI Wairotang, SDI Maumere, SDK Wetakara, SDK Lela I, MIS Al-Muhajirin, SDK Diler, SDI Kota Uneng, SDL Yos Sudarso, SDK Bhaktyarsa, SDI Wolomarang, SDI St. Yoseph, SDI Habi, SDI Manunai, SDK Maumere I, SDK Watupedar, SDK Maria Ferrari, SDI Blawuk, SDI Weko, dan SDI Patisomba.
Setiap sekolah dasar mengirimkan minimal 3 regu, masing-masing untuk setiap mata pelajaran. Beberapa sekolah dasar malah mengirimkan lebih dari tiga regu seperti SDI Kota Uneng 5 regu, SDL Yos Sudarso 6 regu, SDK Bhaktyarsa 9 regu, SDI St. Yoseph 6 regu, SDI Manunai 9 regu, SDK Maria Ferrari 9 regu, dan SDI Blawuk 5 regu.
Terdapat 100 rgu yang mengikuti Lomba Olimpiade Sains, terdiri dari 36 regu Matematika, 35 regu IPA, dan 29 regu IPS. Perlombaan dimulai dengan babak penyisihan, di mana setiap peserta menempati ruangan-ruangan kelas SMPK Frater Maumere. Pada akhirnya akan terdapat 5 regu dari masing-masing mata pelajaran yang bertarung di babak final.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini