Virus Babi Afrika Ancam Sikka, Hingga Kemarin Belum Ada Kasus

0
226
Virus Babi Afrika Ancam Sikka, Hingga Kemarin Belum Ada Kasus
Ilustrasi
Maumere-SuaraSikka.com: Belum selesai dengan demam berdarah dengue (DBD), kini Kabupaten Sikka terancam virus babi Afrika. Hingga kemarin belum ada kasus yang terdeteksi.
Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Sikka Margaretha Siko menjelaskan pihaknya tengah giat memberikan peringatan untuk waspada terhadap virus
African Swine Fever (ASF).
“Kami mendatangi pengusaha peternakan babi, juga pengusaha lokal yang punya kandang babi. Kami minta waspada karena ASF sudah menular sampai ke Bali dan Pulau Timor,” ujar dia di Maumere, Sabtu (22/2).
Dalam upaya sosialisasi dan pencegahan, katanya, untuk sementara belum ditemkkan kasus. Pihaknya sekaligus mendata populasi babi, untuk memperbaharui data. Sesuai data tahun 2018, populasi babi di Kabupaten Sikka sekitar 76.000 ekor.
“Selain kunjungan ke pengusaha babi, kami juga sosialisasi, dan menyebarkan brosur biosekuriti peternakan babi. Nanti minggu depan kami gelar workshop,” tambah dia.
Brosur ini, ujarnya, menggambarkan langkah-langkah mengamankan lingkungan peternakan terhadap kemungkinan masuknya penyakit dari luar dan mencegah penyebaran penyakit dari dalam lingkungan peternakan untuk keluar. Dia sangat berharap para pengusaha babi mewaspadai serius virus ini.
Dokter hewan ini mengatakan kunci utama pengendalian terhadap virus ini yakni tidak memasukkan babi atau daging babi dari luar. Selain itu jika terdapat babi yang sakit atau mati, sebaiknya dikuburkan. Jika dipotong dan dibagi-bagi, justeru akan menyebarkan virus.
Sebagaimana diketahui, ASF merupakan virus yang menyerang hewan babi, baik babi hutan yang liar maupun babi lokal di peternakan. Flu ini berasal dari virus family asfarviridae.
Sebenarnya, flu babi Afrika tidak berbahaya untuk manusia. Virus penyebab penyakit ini hanya menyerang babi. Mengonsumsi daging babi yang terserang virus ini juga tidak menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini