Bahaya! Pupuk Matahari Bahan Baku Bom Beredar Bebas di Maumere

    0
    37
    Bahaya! Pupuk Matahari Bahan Baku Bom Beredar Bebas di Maumere
    Mobil Honda Brio, pengangkut pupuk matahari, diamankan di Reskrim Polres Sikka

    Bahaya! Pupuk Matahari Bahan Baku Bom Beredar Bebas di Maumere
    Maumere-SuaraSikka.com: Bahan baku bom berupa pupuk diduga beredar bebas di Kabupaten Sikka. Kondisi ini sangat berbahaya jika peredarannya dibiarkan tidak dikendalikan.

    Peredaran pupuk bahan dasar pembuatan bom ini, terungkap setelah aparat kepolisian menangkap 2 perempuan pada Jumat malam pekan lalu. Dari tangan dua ibu rumah tangga ini, polisi mengamankan 6 karung pupuk amonium nitrat.

    Dua ibu rumah tangga ini kemudian diketahui berinisial A dan T. Keduanya ditangkap di Jalan Denis Nangahure Kelurahan Wuring Kecamatan Alok Barat. Polisi langsung menggiring kedua pelaku ke Unit Reskrim Polres Sikka.

    Pupuk matahari sebanyak 6 karung itu diamankan dari dalam mobil Honda Brio berwarna merah. Mobil yang ditengarai milik pelaku A itu ikut ditahan. Mobil berukuran kecil ini kini diparkirkan saja di halaman parkir Unit Reskrim Polres Sikka.

    Kapolres Sikka AKBP Sajimin yang dihubungi di Mapolres Sikka memastikan telah mengamankan pelaku beserta barang bukti. Pelaku sudah diambil keterangan, tetapi tidak ditahan.

    Cukup sulit mendapatkan informasi terkait proses hukum terhadap peredaran pupuk asal Malaysia ini. Kapolres Sikka yang diklarifikasi terkait hal ini menjawab diplomatis bahwa penyidik sedang melakukan proses penyelidikan.

    Pupuk cap matahari merupakan pupuk untuk pertanian. Namun karena mengandung amonium nitrat yang berkadar tinggi, bisa juga digunakan sebagai bahan peledak bom ikan oleh nelayan-nelayan nakal. Di kalangan nelayan Indonesia umumnya, masih ada yang menggunakan bahan ini untuk meracik bom ikan secara diam-diam.*** (eny)

    TINGGALKAN BALASAN

    Silahkan ketik komentar anda
    Silahkan ketik nama anda di sini