Presiden Jokowi Perkenalkan 6 Menteri Baru, Besok Pagi Dilantik

0
111
Presiden Jokowi Perkenalkan 6 Menteri Baru, Besok Pagi Dilantik
Presiden Jokowi bersama Wapres Ma'ruf Amin pose bersama 6 menteri baru, Selasa (22/12)

Maumere-SuaraSikka.com: Presiden Joko Widodo atau Jokowi memperkenalkan 6 menteri baru kepada publik. Rencananya pelantikan akan berlangsung Rabu (23/12) pagi.

Presiden Jokowi Perkenalkan 6 Menteri Baru, Besok Pagi Dilantik
Presiden Jokowi didampingi Wapres Ma’ruf Amin saat perkenalan memteri baru

Perkenalan 6 menteri baru berlangsung di Istana Kepresidenan, sekitar pukul 15.35 WIB. Wakil Presiden Ma’ruf Amin hadir saat itu.

Ini adalah reshuffle kabinet Indonesia Maju untuk pertama kalinya. Reshuffle kabinet dilakukan usai dua menteri yang dicokok Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu.

Dirangkum dari berbagai media, setidaknya ada 6 orang menteri baru yang dipilih Jokowi-Ma’ruf Amin. Dua orang di antaranya menggantikan Edhy Prabowo yang dahulu Menteri Kelautan dan Perikanan atau KKP dan Menteri Sosial terdahulu Juliari Batubara.

Nama Tri Rismaharini menjadi yang pertama disebut Jokowi. Wali Kota Surabaya itu ditunjuk sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara.

“Yang pertama Ibu Tri Rismaharini. Saya kira kita tahu semuanya, beliau adalah Wali Kota Surabaya. Dan saat ini Ibu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggungjawab untuk menjadi Menteri Sosial,” kata Jokowi.

Setelah Risma, Jokowi memanggil satu tokoh yang sudah tidak asing lagi. Dia adalah Sandiaga Salahuddin Uno yang sebelumnya sempat menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Gubernur Anies Baswedan.

Dia pun dipilih menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama.

Jokowi kemudian memanggil nama Budi Gunadi Sadikin. Dia ditunjuk menjabat Menteri Kesehatan yang sebelumnya diduduki Terawan Agus Putranto.

“Kemudian yang ketiga, Bapak Budi Gunadi Sadikin. Beliau sebelumnya adalah Direktur Utama Bank Mandiri, kemudian menjadi Direktur Utama PT Asahan Alumunium. Dan terakhir menjadi Wakil Menteri BUMN. Dan sekarang kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan,” jelas Jokowi.

Presiden Jokowi Perkenalkan 6 Menteri Baru, Besok Pagi Dilantik
Tiga menteri baru

Jokowi juga melengserkan posisi Menteri Agama yang sebelumnya ditempati Fachrul Razi. Kali ini, Jokowi memilih Yaqut Cholil Qoumas yang merupakan Ketua GP Ansor.

“Yang keempat adalah Bapak Yaqut Cholil Qoumas. Beliau adalah tokoh muslim, Ketua PP GP Ansor dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama,” ucap Jokowi.

Jokowi juga memutuskan untuk menggantikan Edhy Prabowo yang sudah mengundurkan diri dari Menteri Kelautan dan Perikanan.

Jokowi memilih Sakti Wahyu Trenggono untuk menjabat sebagai Menteri KKP.

“Yang kelima Bapak Sakti Wahyu Trenggono. Beliau sekarang ini memegang jabatan Wakil Menteri Pertahanan. Dan akan kita berikan tanggungjawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan,” ucap Jokowi.

Dan terakhir, yang keenam, Jokowi menggantikan posisi Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan dengan Muhammad Lutfi.

“Yang terakhir bapak Muhammad Lutfi. Beliau sebelumnya pernah di Kepala BKPM, kemudian Dubes RI untuk Jepang dan terakhir Dubes RI untuk AS. Dan sekarang akan kita berikan tugas memimpin Kementerian Perdagangan,” tutup Jokowi.

Usai mengenalkan keenam menteri baru, Jokowi juga menginformasikan jadwal pelantikan yang digelar Rabu (23/12).

“Saya rasa itu perkenalan yang bisa saya sampaikan sore ini, dan pelantikan akan dilaksanakan insya Allah besok pagi,” tambah Jokowi.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini