Sikka Mulai Kondusif, 9 Kecamatan Zona Hijau

0
635
Sikka Mulai Kondusif, 9 Kecamatan Zona Hijau
Sejumlah penghuni karantina terpusat dinyatakan sembuh beberapa hari lalu (foto: istimewa)

Maumere-SuaraSikka.com: Kabupaten Sikka mulai perlahan-lahan kondusif Covid. Kini sudah 9 kecamatan yang berstatus zona hijau menyusul tidak ada lagi kasus aktif.

Sembilan kecamatan tersebut adalah Waiblama, Mapitara, Doreng, Bola, Hewokloang, Nele, Koting, Mego, dan Paga. Demikian data yang diterbitkan Satgas Covid Sikka, Sabtu (11/9).

Sementara 12 kecamatan lain dengan status zona merah karena masih ada kasus aktif di wilayah itu.

Jumlah kasus aktif sampai dengan Sabtu (11/9) tercatat 38 kasus, di mana 8 orangnya menjalani karantina terpusat. Satu orang di antaranya, kemarin sore sudah dinyatakan sehat.

Kasus aktif paling tinggi sebanyak 10 kasus terdapat di wilayah Kecamatan Alok Timur. Kecamatan ini terus mendominasi kasus aktif paling banyak selama beberapa bulan terakhir.

Kecamatan-kecamatan lainnya berada di bawah 10 kasus. Paling mendekati yakni 9 kasus aktif di Kecamatan Alok. Menyusul 1-4 kasus tersebar pada sejumlah kecamatan.

Kabupaten Sikka telah beberapa kali mengalami pembatasan aktifitas masyarakat melalui model PPKM. Pertama kali dilaksanakan pada 26 Juli 2021 lalu dengan status PPKM Level 4. Kala itu terdata 607 kasus aktif.

Selama kurang lebih 1 bulan hingga 23 Agustus 2021, Sikka belum beranjak dari Level 4. Status Sikka mulai berubah ke Level 3 pada perpanjangan pembatasan aktifitas masyarakat periode 23 Agustus 2021 hingga 6 September 2021.

Satu minggu berada di Level 3, jumlah kasus aktif terus menurun drastis. Hingga akhirnya untuk periode 6-20 September 2021 ini, Sikka masuk ke Level 2.

Satgas Covid Sikka mencatat hingga Sabtu (11/9) kasus terkonfirmasi sebanyak 4.626 dengan jumlah sembuh mencapai 4.501 dan 87 orang dinyatakan meninggal dunia.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini