Bertemu Jokowi, Joni Dapat Sepeda dan Rumah

1
184
Bertemu Jokowi, Joni Dapat Sepeda dan Rumah
Foto: Joni, bocah pemanjat tiang bendera di perbatasan Belu dan Timor Timur, duduk satu meja dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Senin (20/8)
Jakarta-SuaraSikka.com: Yohanes Ande Kala alias Joni, 13 tahun, benar-benar mendapatkan berkah. Bocah asal Desa Silawan, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur itu akhirnya bertemu Presiden Jokowi, Senin (20/8), di Istana Negara. Dia pun mendapatkan sepeda dan rumah dari sang presiden.
Jokowi bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla siang itu bersilaturahmi dengan para teladan nasional, pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), dan gita bahana nasional. Joni adalah salah satunya. Dia dan Tarisa Mahasrani, seorang anggota Paskibra pembawa Bendera Sang Saka Merah Putih, tampak terlihat duduk satu meja bersama dua petinggi negara itu.
Joni tampak mengenakan kemeja putih dan celana pendek biru khas seragam SMP. Siswa Kelas VIII SMPN Silawan itu mengenakan juga kain khas NTT yang dilakungkan ke lehernya. Senyumnya tampak sumringah. Ketika Jokowi dan Jusuf Kalla memasuki ruangan, Joni langsung berdiri. Dia menyalami Jusuf Kalla, dan mencium tangan wakil presiden. Lalu berganti lagi menyalami Jokowi, dan mencium tangan sang presiden.
Putra bungu pasangan Vicktorino Fahik Marschal dan Lorensa Gama tampak bersemangat menceritakan kisah heroiknya kepada Jokowi dan tamu undangan. Dia mengisahkan kronologis memanjat tiang bendera setinggi 20-meter untuk membetulkan tali bendera yang putus. Setelah aksi heroik itu, bendera merah putih akhirnya bisa dikibarkan lagi pada saat upacara apel bendera memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan RI.
Pada kesempatan yang tampan itu, Jokowi menanyakan permintaan dari Joni. Tanpa malu-malu, dengan spontan Joni menjawab sepeda. Tamu undangan langsung bertepuk tangan dan tertawa. Lalu Jokowi sedikit bercanda kepada bocah cilik ini. “Masa jauh-jauh dari Belu ke Jakarta, kok minta sepeda. Apa hanya itu?” sergah Jokowi.
Kali ini Joni langsung meminta agar rumahnya diperbaiki. Jokowi akhirnya menyanggupi dua permintaan Jokowi. Sang Presiden juga meminta Menteri Sekretaris Negara Pratikno memberikan bonus kepada Joni, yakni mengajak jalan-jalan ke wahana hiburan Dunia Fantasi (Dufan) dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Joni bercita-cita menjadi tentara. Jokowi berpesan agar belajar yang baik dan bekerja keras hingga bisa meraih cita-cita.
Kisah heroik Joni di perbatasan Belu dan Timor Timur ini menjadi viral di media sosial. Menpora pun langsung mengundangnya ke Jakarta. Dia mendapat undangan khusus menonton opening ceremony Asian Games di Gelora Bung Karno. Joni juga kebanjiran hadiah, seperti beasiswa hingga S1, uang Rp 50 juta dari pengacara kondang Hotman Paris, serta berbagai hadiah lainnya.*** (eny)
Bertemu Jokowi, Joni Dapat Sepeda dan Rumah
Foto: Bertemu Jokowi, Joni Dapat Sepeda dan Rumah
REKOMENDASI:

KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini