Syaugi Tepati Janji – Kirim Rescue Boat ke Maumere

0
259
Syaugi Tepati Janji, Kirim Rescue Boat ke Maumere
Foto: Kapal Rescue Boat 212 dengan panjang 36 meter saat bersandar di Pelabuhan Laurens Say Maumere, Sabtu (18/8)
Maumere-SuaraSikka.com: Baru dua minggu lalu Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi mengunjungi Maumere. Dan dia pun menepati janji dengan mengirimkan sebuah Rescue Boat untuk Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere. Pada Sabtu (18/8), pukul 18.13Wita, RB 212 dengan panjang 36 meter akhirnya bersandar di Pelabuhan Laurens Say Maumere.
Rescue Boat merupakan kapal versi SAR yang digunakan sebagai sarana pencarian dan pertolongan. Kapal ini dlengkapi dengan peralatan SAR. Dari panjangnya, 36 meter, kapal ini masuk dalam standar Rescue Boat Kelas II, yakni antara 30-40 meter.
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere I Putu Sudayana mengungkapkan kegembiraannya.  Dia menyampaikan terima kasih kepada Muhammad Syaugi dan segenap jajaran Kantor Basarnas yang telah memberikan perhatian kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere.
“Semoga dengan kedatangan kapal RB 212 ini bisa membantu kinerja kami dalam melayani masyarakat di wilayah kami, Flores dan Alor,” ujar I Putu Sudayana.
Saat kunjungan ke Maumere, Muhammad Syaugi sempat menyinggung pentingnya armada kapal untuk Kantor Basarnas Maumere dalam rangka pelaksanaan operasi. Jenderal bintang tiga itu sepertinya agak miris mendapat laporan tentang tingginya tingkat kecelakaan di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere yang meliputi Flores, Lembata, dan Alor.
Sepanjang tahun 2018, telah terjadi 15 kali kecelakaan pelayaran, 12 kali kondisi yang membahayakan manusia, dan 1 kali bencana. Dalam kondisi itu, Kantor Pencarian dan Pertolongan  Maumere yang bersinergi dengan sejumlah instansi berhasil menyelamatkan 111 korban selamat dan 5 orang meninggal dunia. Sementara tercatat 8 korban hilang karena tidak ditemukan.
Sarana prasarana yang dimiliki masih sangat terbatas, seperti 2 buah Rigid Inflatable Boat (RIB), 5 buah Rubber Boat, 2 truk angkut personil, 2 buah sepeda motor, dan 3 buah trill yang digunakan sebagai identifikasi awal ke lapangan.
Muhammad Syaugi pun memberikan signal akan memberikan sebuah kapal yang berukuran besar untuk ditempatkan di Maumere. Dan rupanya, janjinya benar-benar ditepati. Ibarat kado kemerdekaan, sehari sesudah peringatan HUT 73 Kemerdekaan RI, kapal RB 212 dengan panjang 36 meter tiba di Maumere.*** (vicky da gomez)
Kirim Rescue Boat ke Maumere
Foto: Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi mengunjungi Maumere

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini