Dharma Lautan Utama Upayakan Kapal Roro Masuk Maumere

0
1283
Dharma Lautan Utama Upayakan Kapal Roro Masuk Maumere
Sebuah kapal roro sedang bersandar di salah satu dermaga;
Maumere-SuaraSikka.com: Kerinduan masyarakat Kabupaten Sikka akan hadirnya kembali kapal roro sepertinya bisa terobati. Kerja cepat Penjabat Bupati Sikka Mekeng P. Florianus menjawabi sungguh kerinduan itu. Terbetik kabar PT Dharma Lautan Utama sedang mengupayakan sebuah kapal roro bersandar di Pelabuhan Laurens Say Maumere.
            “Pemerintah telah berkoordinasi dengan PT Dharma Lautan Utama. Dan saat ini sedang berupaya untuk menghadirkan 1 unit kapal (roro) untuk kembali melayani rute Surabaya-Maumere PP,” demikian keterangan Flori Mekeng pada sidang paripurna DPRD Sikka, Senin (3/9).
            Flori Mekeng menjawabi berbagai aspirasi dan masukan, baik dari masyarakat maupun dari fraksi-fraksi di DPRD Sikka. Terhadap masukan-masukan itu, Flori Mekeng langsung menindaklanjuti dengan menyurati Menteri Perhubungan RI di Jakarta melalui Dirjen Perhubungan Laut. Surat Flori Mekeng tertanggal 30 Agustus 2018 dengan Nomor Dishub.551.1.4//VIII/2018, dengan perihal permohonan pelayaran kapal roro.
            Melalui surat tersebut,dia menyampaikan bahwa dalam beberapa tahun terakhir ini pelayanan kapal roro rute Surabaya-Maumere PP terhenti. Kondisi ini mengakibatkan arus penumpang dan perdagangan masyarakat tidak lancar, bahkan mengalami kemacetan.
            “Sehubungan dengan itu Pemerintah Kabupaten Sikka meminta kepada Bapak Menteri Perhubungan RI melalui Dirjen Perhubungan Laut agar pelatyanan kapal roro untuk rute Surabaya-Maumere PP dapat beroperasi kembali, mengingat permintaan pelayanan yang cepat, tepat dan nyaman sangat tinggi dari masyarakat,” demikian tulis Flori Mekeng.
Sebelumnya Fraksi PDI Perjuangan mendorong pemerintah agar berkoordinasi dengan penyedia jasa angkutan laut terkait kapal roro. Fraksi PDI Perjuangan menginginkan kapal roro kembali beroperasi melayani masyarakat Kabupaten Sikka.
Hal senada disampaikan Ketua Fraksi Partai Gerindra Adelbertus Kasar. Dia menyarankan Penjabat Bupati Sikka membangun koordinasi dengan pihak-pihak terkait sehingga kapal roro dapat beroperasi kembali di Pelabuhan Laurens Say Maumere.
“Ini karena jalur transportasi laut sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat tani yang ingin menjual hasil taninya ke luar daerah dengan harga jual yang tinggi. Jalur angkutan laut lebih mudah dari pada harus dikirim melalui pelabuhan di Ende,” ungkap Adelbertus Kasar.
Meski masa tugas Penjabat Bupati Sikka tidak lama lagi, Adelbertus Kasar meyakini Flori Mekeng mampu membangun komunikasi untuk mendatangkan kapal roro ke Maumere. Dia berharap Penjabat Bupati Sikka bisa memberikan kenang-kenangan terbaik untuk warga tani di Kabupaten Sikka, sebelum menyelesaikan tugasnya pada 20 September 2018 mendatang.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini