Mulai Besok, 11 Tim Sepak Bola Adu Kekuatan di Proliga U10 Plus

0
412
Mulai Besok, 11 Tim Sepak Bola Adu Kekuatan di Proliga U10 Plus
Tim Sepak Bola U10 Plus Metro Muda
Maumere-SuaraSikka.com: Sepak bola di Kabupaten Sikka bakal diramaikan oleh pesepakbola-pesepakbola usia muda. Mulai besok Selasa (11/9), sebanyak 11 tim sepak bola akan beradu keterampilan mengolah bola di Turnamen Proliga Metromuda U10 plus. Sebagian besar adalah anak sekolah dasar, dengan rata-rata usia antara 10 tahun sampai 11 tahun.
Pada Senin (10/9) petang tadi, telah dilakukan technical meeting dan drawing. Ketua Panitia Pelaksana Bernad Aloysius Francis langsung membuka kegiatan ini. Dia didampingi Sekretaris Panitia Fransisko Fernandez dan anggota panitia Fredy MBW. Kegiatan ini dihadiri manajer dan pengurus peserta turnamen.
Bernad Francis mengatakan turnamen ini digelar untuk mengakomodir aspirasi anak-anak yang berminat dalam cabang olah raga sepak bola. Banyak di antara mereka sudah bergabung pada klub-klub sepak bola yang membina usia muda. Panitia pelaksana memandang perlu menggelar turnamen semacam ini, agar para pesepakbola usia muda mendapatkan ruang untuk berlatih dan berkompetisi secara profesional.
“Jadi turnamen ini tujuannya lebih kepada mencari bibit-bibit pemain sepak bola untuk daerah ini. Katakanlah turnamen ini menjadi peletak dasar, siapa tahu ke depan bisa digelar turnamen seperti ini dengan usia yang berbeda. Silakan saja. Soal kalah dan menang, itu hal yang lumrah dalam sebuah kompetisi,” ujar Bernad Francis.
Panitia Pelaksana membatasi usia pemain yakni 10 tahun plus, yakni tahun kelahiran 2007 dan 2008. Saat merumput, setiap tim menurunkan 8 pemain, dengan komposisi 3 pemain kelahiran tahun 2007 dan 5 pemain kelahiran tahun 2008.
Pertandingan akan digelar di Gelora Samador da Cunha Maumere. Sistem pertandingan yang digunakan yakni sistem setengah kompetisi, menggunakan lapangan berukuran 40×60 meter. Setiap pertandingan bermagsung dua babak, dengan masing-masing babak selama 10 menit, ditambah waktu istirahat selama 5 menit. Setiap harinya akan digelar tiga pertandingan, dimulai pada pukul 16.00 Wita.
Hasil drawing memetakan 11 tim sepak bola mini pada 3 grup. Grup A dihuni Madonina, Amphibi, Blink FC, dan Metro Muda A. Lalu Grup B dihuni Satria Muda, Tunas Mekar, Putra Samudra, dan Gan Basta Waioti. Dan Grup C dihuni Bintang Laut, Nangameting, Metro Muda B.
Partai pembukaan akan belangsung besok, Selasa (11/9). Pada tehnical meeting petang tadi forum bersepakat Panitia Pelaksana baru akan menyampaikan kesebelasna mana yang akan bertanding pada partai perdana.
Meski bertujuan mencari bibit pesepakbola, Panitia Pelaksana merangsang turnamen ini dengan sejumlah hadiah. Pemenang pertama berhak atas uang pembinaan sebesar Rp 1 juta, pemenang kedua mendapatkan uang pembinaan Rp 700.000, pemenang ketiga mendapatkan uang pembinaan Rp 500.000, dan pemenang keempat mendapatkan uang pembinaan Rp 400.000. Panitia Pelaksana juga menyiapkan piagam penghargaan kepada masing-masing pemenang.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini