Sabuk Nusantara 101 Resmi Beroperasi, Layani Maumere Hingga Atapupu

1
767
Sabuk Nusantara 101 Resmi Beropersi, Layani Maumere Hingga Atapupu
Kapal Motor Sabuk Nusantara 101 sedang bersandar di Dermaga Laurens Say, Senin (15/10)
Maumere-SuaraSikka.com: Sebuah kapal motor dengan nama KM Sabuk Nusantara 101 resmi beroperasi mulai Senin (15/10). Dia akan bertolak dari Dermaga Laurensius Say milik Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Maumere. Kapal motor dengan kapasitas 400 penumpang itu akan melayani perairan Nusa Tenggara Timur, dari Maumere hingga Atapupu.
Rute yang akan dilayari Sabuk Nusantara 101 yakni Maumere, Larantuka, Waewerang, Lewoleba, Balauring, Baranusa, Kalabahi, Maritain, Atapupu, dan Kupang. Nanti dari Kupang akan kembali ke Maumere dan melayari lagi rute yang sama. Untuk satu perjalanan dari Maumere hingga kembali lagi ke Maumere diperkirakan selama 12 hari.
Sabuk Nusantara 101 memiliki panjang 62,80 meter dengan lebar 12 meter dan tinggi geladak 4 meter. Kapal motor ini berkekuatan 1200 GT, dengan kecepatan 12 knot. Kepala KSOP Maumere Yohanis Kumanireng menyebut kapal ini meruoakan pemberian Presiden Joko Widodo melalui Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.
“Dalam rangka memperkuat jati diri sebagai bangsa maritim, dan melayani kebutuhan masyarakat khususnya di Kabupaten Sikka, pemerintahan sekarang, Presiden Joko Widodo memprioritaskan pembanguann di sektor maritim dengan membangun serta meningkatkan konektivitas antarpulau dan antardaerah di Indonesia,” jelas Yohanis Kumanireng.
Sabuk Nusantara 101 merupakan kapal perintis. Filosofi dari nama kapal ini, yakni untuk kolektifitas menyatukan wilayah kepulauan dalam negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan meningkatkan ketahanan di segala bidang. Pelayaran perintis adalah tulang punggung peningkatan aksebilitas masyarakat pesisir, terisolir dan pulau-pulau terluar. Dengan itu diharapkan akan membantu pengembangan dan pembangunan sumber daya manusia, yang pada akhirnya memicu pertumbuhan ekonomi.
Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo melakukan pengresmian beroperasinya pelayaran perdana Sabuk Nusantara 101, Senin (15/10). Acara pengresmian diawali dengan doa dan pemberkatan oleh Vikjen Keuskupan Maumere Romo Telesforus Jenti O,Carm langsung di atas badan kapal. Hadir juga saat itu Padlani selaku Kasubdit Liner Dirjen Perhubungan Laut.
Sebelum pengresmian Sabuk Nusantara 101, Romo Telesforus Jenti memimpin perayaan ekaristi di halaman Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan. Perayaan ekaristi ini untuk mensyukuri pembangunan Gedung Kantor KSOP yang baru, pembangunan Dermaga Laurens Say, pengoperasian Sabuk Nusantara 101.
Untuk memudahkan masyarakat yang akan menggunakan jasa Sabuk Nusantara 101, pihak KSOP Maumere bekerja sama dengan agen penjualan tiket. Di Maumere, agen penjualan tiket Sabuk Nusantara 101 berlokasi di sekitar Pelabuhan Laurens Say Maumere. Yohanis Kumanireng berharap masyarakat memanfaatkan jasa pelayaran kapal motor ini, sejalan dengan program Nawacita demi memicu dan memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat.*** (eny)

KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini