Deker Jebol, Banjir Sapu 12 Rumah Warga Hoder

0
406
Deker Jebol, Banjir Sapu 12 Rumah Warga Hoder
Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo sedang meninjau deker yang jebol akibat banjir Likot Dusun Luah Desa Hoder Kecamatan Waigete Kabupaten Sikka, Kamis (27/12)
Maumere-SuaraSikka.com: Hujan deras pada Rabu (26/12) kemarin di wilayah Kabupaten Sikka Propinsi NTT sempat membuat bencana di beberapa daerah. Seperti di Likot Dusun Luah Desa Hoder Kecamatan Waigete, sebuah deker pengaman jebol, sehingga banjir pun menyapu 12 rumah warga masyarakat setempat.
Informasi yang dihimpun media ini, hujan deras sekitar pukul 19.30 Wita mengakibatkan debit air menjadi tinggi. Deker di dusun itu terlalu sempit, dan tidak mampu menampung debit air. Banjir pun meluap hingga ke jalan raya Trans Flores dengan tinggi kurang lebih 1 meter dari permukaan aspal. Praktis, sempat terjadi kemacetan arus lalulintas du jalur Maumere-Larantuka.
Banjir pun menyapu 12 rumah warga. Kepala keluarga yang menerima dampak banjir tersebut yakni Dominikus Dadin, Firmus Yani, Dominikus Saverius, Kasianus Kasi, Donatus Dai, Lumina Nina, Kristianus Kahe, Fransiskus Sani, anastasia Anata, suandi Sora, Yohanes Susar, dan Saverius Yance. Para korban terdampak banjir ini pun harus mengungsi sementara ke tempat yang lebih nyaman.
Sampai Kamis (27/12), transportasi di wilayah itu sudah berlangsung normal kembali. Para korban terdampak banjir pun sibuk membersihkan rumah mereka dari material yang terbawa banjir. Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo atau Robby Idong sempat mengunjungi para korban banjir, dan memberikan bantuan tanggap darurat. Robby Idong berpesan agar warga masyarakat selalu waspada jika terjadi banjir susulan.
Robby Idong juga berkesempatan melihat langsung kondisi deker yang jebol dihantam banjir. Dia ke lokasi ini didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Thomas Agustinus Lameng, Kepala BPBD Daeng Bakir, Kepala Dinas Sosial Emy Laka, Camat Waigete Mayella da Cunha, Kapolsek Waigete Iptu Siprianus Raja, dan Kepala Desa Hoder Martina Bunga.
Bupati Sikka sudah memerintahkan Kepala Dinas PUPR agar segera memasang beronjong di sekitar deker sehingga bisa menghambat aliran banjir, agar tidak meluap hingga ke pemukiman penduduk.
Sejak Kamis (27/12) pagi sejitar pukul 10.00 Wita hingga pukul 15.30 Wita, hujan deras terus mengguyur wilayah Kabupaten Sikka. Media ini sempat merekam terjadi bencana di beberapa daerah. Namun sampai sekarang belum ada informasi resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sikka.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini