Kisah Penderita Tifus dan Manfaat JKN-KIS

0
67
Kisah Penderita Tifus dan Manfaat JKN-KIS
Albertus Conradus menunjuk bangga kartu KIS yang telah membantu biaya pengobatan penyakit tifus yang dialaminya
Maumere-SuaraSikka.com: Albertus Conradus, 50 tahun, adalah peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia sehat (JKN-KIS). Namun selama ini dia tidak pernah memanfaatkan program tersebut. Dia baru merasakan manfaatnya ketika divonis menderita penyakit tifus.
“Bagus sekali manfaat program ini. Perasaaan tenang, walau baru pertama kali menggunakan,” ungkap pegawai negeri sipil pada Pemkab Sikka Propinsi NTT itu.
Pada awal Februari 2019 lalu dia merasakan gejala sakit yang kuat pada bagian kepala, diikuti perut kembung dan badan panas hingga kepala. Tidak kuat menahan sakit, dia pun mendatangi fasilitas kesehatan tingkat pertama guna mendapatkan pertolongan medis. Hasil pemeriksaan medis menunjukkan dia positif terdiagnosa penyakit tifus. Lalu dia pun dirujuk untuk penanganan medis lebih lanjut di RS Santo Gabriel Kewapante.
Laki-laki ini sempat kaget jika sedang menderita penyakit tifus. Dia mengaku tidak punya riwayat penyakit serius. Alhasil, kartu JKN-KIS yang selama ini tidak pernah dimanfaatkan, akhirnya dia manfaatkan untuk memudahkan pembiayaan. Tiga hari dia mendapatkan perawatan, dan kondisi kesehatannya berangsur pulih kembali.
“Pelayanan medis cukup tanggap dan baik. Tiga hari saya sudah bisa pulih. Ternyata benar kalau berobat pakai JKN-KIS berbeda dengan pasien umum. Seharusnya pelayanan seperti inilah yang patut dirasakan masyarakat,” ujar dia.
Dia mengaku sangat terbantukan sekali, karena JKN-KIS menjamin  pembiayaan kesehatan. Setelah merasakan manfaatnya, Albertus Conradus pun terus menggunakan JKN-KIS untuk kebutuhan perawatan kesehatan. Dia berharap Program JKN-KIS terus diselenggarakan demi membantu masyarakat.
“Palai JKN-KIS ini benar-benar luar biasa. Saya sangat puas sekali. Semua biaya sudah tertanggung,” ungkapnya.
KIS diluncurkan Presiden Joko Widodo pada tanggal 3 November 2014. Ini merupakan sebuah kartu sakti yang diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu untuk bisa mendapatkan pelayanan berobat gratis. KIS berfungsi untuk memberikan jaminan kesehatan khusus bagi yang warga miskin yang kurang mampu. Dana yang didapat dari KIS merupakan subsidi dari pemerintah melalui APBN.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini