Logistik Pemilu untuk PaluE Siap Didistribusi, Kecamatan Lain Masih Berproses

0
116
Logistik Pemilu untuk PaluE Siap Didistribusi, Kecamatan Lain Masih Berproses
Logistik Pemilu 2019 untuk Kecamatan PaluE
Maumere-SuaraSikka.com: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka tengah melakukan pengepakan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 untuk 894 tempat pemungutan suara (TPS). Sampai dengan Senin (8/4), baru logistik untuk Kecamatan PaluE yang siap didistribusikan. Sementara untuk kecamatan lain masih dalam proses pengepakan.
Setiap kali ada kegiatan politik, baik itu pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah, KPU Sikka selalu memprioritaskan terlebih dahulu pengiriman logistik untuk daerah-daerah yang jauh dari jangkauan seperti PaluE.
PaluE merupakan satu-satunya kecamatan yang berada di wilayah kepulauan. Untuk menjangkau kecamatan ini, harus menggunakan kapal motor laut, bisa melalui Pelabuhan Laurens Say Maumere, atau melalui Pelabuhan Ropa di wilayah Kabupaten Ende.
Relawsan sedang mempersiapkan logistik untuk Kecamatan PaluE
Di kecamatan ini terdapat 8 desa yaitu Kesokoja, Ladolaka, Lidi, Maluriwu, Nitunglea, Reruwairere, Rokirole, dan Tuanggeo. Terdapat 32 TPS di mana setiap desa dengan 4 TPS. Jumlah pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 5.881 orang.
Pantauan media ini Senin (8/4) di gudang logistik KPU Sikka di kompleks Sikka Innovation Center (SIC), relawan yang bertugas melakukan pengepakan tampak sibuk mempersiapkan logistik untuk Palue. Puluhan kotak suara dan bilik suara sudah dipisahkan dari kecamatan-kecamatan lain. Demikian dengan logistik yang lainnya.
Pengepakan dan persiapan distribusi ini dipantau langsung Ketua KPU Sikka Feri Soge dan komisioner lainnya seperti Jufri, Elsy Puspasari Kusuma Putri dan Yuldensia Hesty. Proses ini juga dipantau Ketua Bawaslu Sikka Harun Alrasyid, serta sejumlah aparat keamanan.
Setelah PaluE, informasinya KPU Sikka akan menyiapkan logistik untuk beberapa desa di wilayah kawasan Teluk Maumere. Setidaknya ada 6 desa di kawasan ini yakni Gunung Sari, Pemana, dan Semparong yang masuk dalam Kecamatan Alok, serta Kojadoi, Kojagete dan parumaan yang masuk dalam Kecamatan Alok Timur.
Sama seperti desa-desa di Kecamatan PaluE, 6 desa di wilayah kawasan Teluk Maumere ini juga harus dijangkau dengan menggunakan kapal motor laut. Ada beberapa alternatif titik keberangkatan seperti melalui Pelabuhan Laurens Say Maumere atau melalui Pelabuhan Nangahale di Kecamatan Talibura.
Kecamatan PaluE, Alok, dan Alok Timur bersama Alok Barat, bergabung dalam satu daerah pemilihan yakni Dapil Sikka 1. Di dapil ini terdapat 238 TPS yang tersebar pada 29 desa/kelurahan. Jumlah pemilih sesuai DPT sebanyak 57.005 orang. Alokasi kursi pada Dapil Sikka 1 sebanyak 10 kursi.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini