Hendak Suntik Vaksin Anti Rabies, Jefri Kila Digigit Anjing Ganas

0
91
Hendak Suntik Vaksin Anti Rabies, Jefri Kila Digigit Anjing Ganas
Petugas bantu vaksinasi Laurentius Jefri Kila sedang membersihkan luka gigitan anjing pada bagian jari tangan kiri, Kamis (18/7)
Maumere-SuaraSikka.com: Nasib apes dialami Laurentius Jefri Kila. Tenaga bantu vaksinasi itu digigit seekor anjing yang ganas di Dusun Waigete Desa Egon Kecamatan Waigete Kanupaten Sikka, Kamis (18/7). Padahal waktu itu dia hendak menyuntikan vaksin anti rabies ke tubuh anjing tersebut.
Jefri Kila mengalami luka di bagian jari tangan kirinya. Tampak keluar darah dari bekas gigitan anjing. Dengan segera dia langsung ke bak air di belakang rumah pemilik anjing. Dia lalu membersihkan luka bekas gigitan menggunakan air yang mengalir. Setelah itu dia mencucinya dengan rinso.
Kemudian Jefri Kila diantar ke Puskesmas Waigete menggunakan kendaraan operasional Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Hengki Sali. Jarak Puskesmas Waigete dengan lokasi kejadian kurang lebih 500 meter. Petugas medis langsung memberikan suntikan anti rabies.
Pantauan media ini, Jefri Kila dan seorang petugas kesehatan hewan sedang berada di teras rumah milik Stefanus Wilfridus di RT/RW 016/004. Di rumah itu terdapat seekor anjing jantan berwarna putih. Dua petugas ini hendak melakukan vaksinasi terhadap anjing tersebut. Yosefina Eligia Klowe, Ketua RT setempat mendampingi kedua petugas.
Hendak Suntik Vaksin Anti Rabies, Jefri Kila Digigit Anjing Ganas
Unu anjing yang gans yang menyerang dan menggigit petugas vaksinasi di Desa Egon Kecamatan Waigete
Seorang perempuan di rumah itu membawa anjing putih ke teras. Dia menggendongnya dengan menjepit bagian kepala anjing. Mungkin karena merasa tercekik, anjing itu kemudian meronta melepaskan diri, lalu langsung menyerang dan menggigit Jefri Kika yang sedang berdiri di depannya.
Jefri Kila mengaku tidak menyangka anjing tersebut meronta dan langsung menggigit tangannya. Padahal waktu itu dia sedang bersiap ke arah bagian belakang anjing. Sebagai petugas bantu vaksinasi, sebenarnya dia menyadari risiko ketika melakukan vaksinasi.
Setelah mendapat suntikan anti rabies, Jefri Kila tampak tetap melaksanakan tugasnya melakukan vaksinasi kepada hewan penyebar rabies (HPR). Dia bersama beberapa orang petugas kesehatan hewan berkeliling dari rumah ke rumah di Desa Egon untuk melakukan vaksinasi.
Hendak Suntik Vaksin Anti Rabies, Jefri Kila Digigit Anjing Ganas
Jefri Kila mendapatkan suntikan anti rabies di Puskesmas Waigete
Sementara itu, anjing putih yang menggigit Jefri Kila belum sempat mendapatkan vaksinasi. Stefanus Wilfridus, pemilik anjing yang saat itu tidak berada di rumah, kemudian mengetahui jika anjingnya telah menggigit petugas bantu vaksinasi. Diapun meminta bantuan warga masyarakat untuk membunuh anjing tersebut.
Beberapa warga masyarakat sekitar bersama personil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sikka, langsung mengejar anjing putih itu. Sebuah pukulan dengan kayu besar hanya sempat mengenai bagian kaki, dan anjing itu kemudian lari menghilang.
Kepala Dinas Pertanian Hengki Sali mengingatkan petugas vaksinasi dan petugas kesehatan hewan agar lebih berhati-hati dalam melakukan vaksinasi. Dia berharap semua petugas yang terlibat pada kegiatan vaksinasi darurat dan eliminasu selektif terlebih dahulu mendapatkan suntikan anti rabies.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini