PBPU Penunggak Terbesar Iuran BPJS di Sikka

0
76
PBPU Penunggak Terbesar Iuran BPJS di Sikka
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Maumere Santy Parulian
Maumere-SuaraSikka.com: Pembayaran iuran BPJS Kesehatan di Kabupaten Sikka masih mengalami kendala. Peserta dengan kategori pekerja informal atau pekerja bukan penerima upah (PBPU) disebut-sebut menjadi penunggak terbesar.
PBPU di Kabupaten Sikka berjumlah 26.947 peserta, atau sektar 12 persen dari total peserta BPJS di Kabupaten Sikka. Meskipun jumlahnya sedikit, namun tunggakannya terbilang cukup besar.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Maumere Santy Parulian di Sea World Club, Rabu (30/10), mengatakan pihaknya terus membangun komunikasi dengan peserta PBPU untuk melunasi tunggakan. Berbagai cara dilakukan, seperti menelepon langsung ke peserta, menggunakan pelayanan sms plus, dan juga melalui kader-kader JKN yang langsung turun ke wilayah-wilayah.
Menurut dia, terjadinya tunggakan akibat dari masih rendahnya pemahaman peserta terhadap fungsi program JKN-KIS. Banyak peserta yang lancar membayar iuran pada saat sedang mengalami sakit, sebaliknya mereka enggan membayar iuran ketika sedang tidak sakit atau sehat.
Di Kabupaten Sikka, jumlah peserta JKN-KIS mencapai 305.429 peserta dari jumlah penduduk sebanyak 319.917 jiwa atau setara 95,47 persen. Peserta paling besar adalah Penerima Bantuan Iuran (PBI) melalui pendanaan APBN sebanyak 165.161 orang.
Menyusul PBI melalui pendanaan APBD sebanyak 67.522 orang, Pekerja Penerima Upah (PPU) seperti ASN, TNI/Polri, pekerja swasta, BUMN, BUMD sebanyak 41.627 orang, pekerja bukan penerima upah (PBPU) sebanyak 26.947, dan Bukan Pekerja (BP) seperti investor, pemberi kerja, veteran, perintis kemerdekaan, pensiunan sebanyak 4.172 orang.
Wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Maumere meliputi Kabupaten Sikka, Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Lembata. Secara keseluruhan, cakupan pesera JKN-KIS pada tiga kabupaten ini sampai Oktober 2019 mencapai 666.907 jiwa dari jumlah penduduk sebanyak 740.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini