Catatan Kriminal Rino, Residivis yang Kabur dari Polres Sikka

0
80
Catatan Kriminal Rino, Residivis yang Kabur dari Polres Sikka
Rino mendapat perawatan di RSUD TC Hillers usai didor Tim Buser Polres Sikka pada pertengahan Agustus 2-19 lalu
Maumere-SuaraSikka.com: Rikardus Bia alias Yohanes Rino alias Rino, 35 tahun, kabur dari tahanan Polres Sikka, Minggu (3/11) dinihari. Pria yang beralamat di Wairlong Desa Wairkoja Kecamatan Kewapante ini merupakan residivis yang sangat berhaya dengan catatan kriminal yang menyeramkan.
Kasat Reskrim Polres Sikka AKP Heffri Dwi Irawan menjelaskan Rino pernah melarikan diri dari Rutan Maumere pada tahun 2012 yang lalu. Saat itu dia terlibat kasus pencurian. Nama Rino kemudian menjadi catatan kriminal, menyusul sejumlah laporan kepolisian dari masyarakat.
Menurut Heffri Dwi Irawan, ada 6 laporan kepolisian yang melibatkan Rino, yakni 2 laporan pemerkosaan dan pengancaman anak di bawah umur, 1 laporan penganiayaan dan percobaan pemerkosaan anak di bawah umur, 1 laporan pencurian dengan senjata tajam, dan 2 laporan pencurian berat.
Rino berhasil ditangkap pada Jumat (16/8/2019) lalu. Tim Buser Reskrim Polres Sikka sudah memantau pergerakan Rino selama 2 bulan lamanya. Pada Jumat (16/8) siang tim buser membuntuti Rino dari Kelurahan Beru. Persis di Jalan Yos Sudarso Kelurahan Wairotang, Tim Buser membenturkan sepeda motor ke sepeda motor yang dikendarai Rino. Rino yang terjatuh, masih sempat melawan petugas dan berupaya melarikan diri.
Masyarakat di sekitar Kelurahan Wairotang ikut membantu polisi menangkap Rino. Namun dia sempat mengeluarkan sebuah pisau dan mengancam masyarakat dan polisi. Akhirnya polisi terpaksa mengeluarkan tembakan ke arah kaki untuk melumpuhkan residivis tersebut.
Menurut Heffri Dwi Irawan, Rino merupakan pelaku kejahatan yang terbilang nekad. Dalam melakukan aksi kejahatan, Rino sering membawa pisau untuk mengancam korban, bahkan dia tidak segan-segan mengancam membunuh jika korban tidak mengikuti kemauannya.
Heffri Dwi Irawan mengimbau warga masyarakat yang mengetahui keberadaan Rino untuk segera melaporkan ke aparat kepolisian. Dia mengatakan Rino sangat berbahaya karena terkenal nekad dalam menjalankan aksi kejahatan.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini