Dua Minggu Setelah Penetapan KLB, Jumlah Pasien DBD Meningkat 100 Persen

0
11
Dua Minggu Setelah Penetapan KLB, Jumlah Pasien DBD Meningkat 100 Persen
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka Petrus Helermus
Maumere-SuaraSikka.com: Penetapan status kejadian luar biasa (KLB) demam berdarah dengue (DBD), belum berdampak positip. Justeru sebaliknya makin menguatirkan. Dalam waktu dua minggu paskah KLB, jumlah pasien meningkat 100 persen.
Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo menetapkan status KLB DBD pada Rabu (22/1). Saat itu posisi pasien tercatat berjumlah 184 pasien.
Kondisi hari ini, Rabu (5/2), sesuai keterangan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka Petrus Helermus, menjadi 377 pasien. Itu artinya dalam rentang waktu dua minggu terjadi penambahan 193 orang.
Kepada wartawan di ruang kerjanya, Petrus Helermus mengakui serangan DBD cenderung meningkat. Malah dia memperkirakan akan terus meningkat. Kini DBD sudah menyerang 18 dari 21 kecamatan, minus PaluE, Waiblama, dan Mapitara.
Mapitara, kata dia, awalnya terdeteksi 1 kasus. Pasien yang bersangkutan diserang di wilayah lain, setelah kembali ke Mapitara baru mendapat gejala DBD. Dalam istilah medis, dia menyebutnya sebagai kasus impor.
Terkait makin meluasnya serangan DBD dan peningkatan jumlah pasien serta korban jiwa, Petrus Helermus sudah mengusulkan perpanjangan masa tanggap darurat selama 14 hari, terhitung mulai hari ini. Usulan ini sudah mendapat persetujuan Bupati Sikka.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini