Wah! Dalam 1 Hari, Bertambah 28 Kasus DBD

0
15
Maumere-SuaraSikka.com: Serangan virus demam berdarah dengue (DBD) terus menggila. Hanya dalam 1 hari saja terjadi penambahan 28 kasus.
Pelaksana Harian Sekda Sikka Wihelmus Sirilus, Kamis (6/2), menyebut jumlah kasus per hari ini adalah 405 kasus. Dia menyampaikan ini kepada wartawan usai memimpin rapat evaluasi penanganan DBD
di Aula Lantai 2 eks Kantor Bupati Sikka di Jalan Ahmad Yani Maumere.
Sehari sebelumnya, Rabu (5/2), Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka Petrus Helermus menyebut 377 kasus DBD di Kabupaten Sikka. Data itu diperoleh dari seluruh fasilitas kesehatan di Kabupaten Sikka yang menangani pasien DBD.
Dengan demikian terjadi peningkatan 28 kasus hanya dalam waktu 1 hari. Kondisi ini sangat memprihatinkan. Bahkan Petrus Helermus memperkirakan akan terus terjadi peningkatan kasus jika tidak ada kesadaran untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan pola 4M plus.
Wihelmus Sirilus menangkap kesan masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam penanganan DBD. Dia menyebut perilaku masyarakat tidak bersahabat dan masa bodoh.
“Fogging mulai jalan, kebersihan jalan. Tapi perilaku masysrakat tidak bersahabat, bermasabodoh. Orang kerja, mereka bilang biar pemerintah yang kerja. Ini yang kurang bagus,” ungkap Wihelmus Sirilus.
Sebagaimana diketahui, DBD telah merenggut 3 anak. Korban pertama adalah Elisabeth Maria, balita berusia 1,7 tahun  meninggal Selasa (7/1). Menyusul setelah itu Yohanes Yuliano Putra Bang 2,7 tahun, meninggal Selasa (21/1) dini hari di RSUD TC Hillers Maumere. Setelah itu Feradensia Akulia Trifena,12 tahun, meghembuskan nafas terakhir di RS Santa Elisabeth Lela, Selasa (4/2) malam.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini