Luar Biasa! 17 Pelajar SMKN 1 Maumere Dapat Rekomendasi Kompeten, Alexander Ozzy Terbaik

0
26
Luar Biasa! 17 Pelajar SMKN 1 Maumere Dapat Rekomendasi Kompeten, Alexander Ozzy Terbaik
Alexander Ozzy Nesta, pelajar SMKN 1 Maumere sedang diwawancarai Tim Penguji
Maumere-SuaraSikka.com: Luar biasa, menjadi ucapan yang tepat dialamatkan kepada SMKN 1 Maumere. Sebanyak 17 dari 18 pelajar di sekolah itu mendapatkan rekomendasi kompeten dari Tim Penguji. Satu di antaranya menjadi yang terbaik, yaitu Alexander Ozzy Nesta.
Para pelajar ini mengikuti uji kompetensi bidang ketenagalistrikan. Mereka diuji selama tiga hari, terhitung Selasa (4/2). Tim Penguji sebanyak 4 orang yang merupakan Asesor dari Unit Pelaksana Sertifikasi PT PLN (Persero).
Rekomendasi kompeten yang dikeluarkan Tim Penguji, akan diteruskan kepada Ditjen Tenaga Kelistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Selanjutnya berdasarkan rekomendasi Tim Penguji, lembaga ini akan menerbitkan sertifikat nasional level 2 kepada 17 pelajar tersebut.
Kepastian rekomendasi kompeten kepada 17 pelajar SMKN 1 Maumere, disampaikan Tim Penguji pada hari terakhir uji kompetensi, Kamis (6/2) malam. Suasana menjelang pengumuman yang awalnya cukup tegang, spontan berubah menjadi gembira dan terharu.
Kepala SMKN 1 Maumere Adelbertus D.B. Hasulie yang hadir pada kesempatan itu mengaku bangga dengan prestasi yang diraih anak didiknya. Hasil ini, kata dia, menjadi motivasi bagi sekolah untuk terus berbenah diri mengikuti tuntutan pasar kerja.
“Terus terang saya bangga sekali. Kerja sama dengan PLN ini merupakan program vokasi sekolah yang pertama dengan dunia industri. Dan hasilnya sangat memuaskan. Meskipun ada 1 yang belum kompeten, tentu ini akan menjadi bahan evaluasi,” ujarnya bangga.
SMKN 1 Maumere, kata dia, telah bertekad melahirkan manusia-manusia yang siap kerja, cerdas dan kompetitif serta berkarakter, yang nantinya menjadi pelaku-pelaku pembangunan. Karena itu sekolah ini akan terus melakukan gebrakan dengan program vokasi sekolah.
Adelbertus Hasulie mengatakan selanjutnya SMK Negeri 1 Maumere menargetkan sampai Tahun 2021 seluruh kompetensi keahlian yang ada pada sekolah itu harus masuk menjadi kelas industri. Sementara ini pihaknya sedang menjajaki kerja sama dengan PT Krakatau Steel dan PT Toyota.
Kebanggaan Adelbertus Hasulie semakin lengkap dengan ditetapkannya Alexander Ozzy Nesta sebagai pelajar terbaik dalam uji kompetensi itu.
Siswa Kelas XII Teknik Jaringan Listrik itu menguasai sejumlah aspek kompetensi seperti pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai seorang operator gardu induk.
Deddy Pareira selaku guru pembimbing menyebutkan Alexander Ozzy Nesta menguasai SOP dan urutan manuver pengoperasian gardu induk secara baik. Selain itu siswa ini juga menguasai inspeksi level 1 peralatan gardu induk.
Ketua Tim Penguji Sudiboyo memberikan apresiasi atas prestasi para pelajar SMKN 1 Maumere. Dia berpesan agar para pelajar menggunakan sertifikat nasional level 2 dengan penuh bangga dan tanggung jawab sebagai modal untuk bekerja di sektor ketenagalistrikan khususnya di Bidang Transmisi dan Gardu Induk.
Uji kompetensi merupakan proses akhir dari program vokasi sekolah. Sebelumnya para pelajar ini melakukan praktik kerja lapangan (PKL) selama 15 minggu di Kantor Layanan Transmisi dan Gardu Induk Maulafa dan Ende. Sebelum PKL, sekolah melaksanakan sinkronisasi kurikulum dan program magang guru, yang dilanjutkan dengan kelas bersama PLN.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini