Sempat Pesta Ayam Panggang, Rencana Yanto Kerja di Kalbar Digagalkan Polisi

0
68
Sempat Pesta Ayam Panggang, Rencana Yanto Kerja di Kalbar Digagalkan Polisi
Yanto (paling kanan) dan sejumlah TKI ilegal berada di ruang kedatangan Bandara Frans Seda, setelah diamankan aparat Polres Sikka, Selasa (11/2)
Maumere-SuaraSikka.com: Satu  sebelum berangkat ke Ketapang di Kalimantan Barat, Yanto sempat berpesta ayam panggang. Saatnya tiba, ternyata aparat Polres Sikka menggagalkan keberangkatan, karena dia tidak memiliki dokumen ketenagakerjaan antardaerah.
“Tadi malam saya potong ayam. Lalu panggang saja. Dengan moke (minuman tradisional) sedikit. Yah ini semacam perpisahan karena mau mengadu nasib di Kalimantan,” cerita Yanto yang ditemui di ruang kedatangan Bandara Frans Seda, Selasa (11/2).
Yanto yang berasal dari Dokar Kecamatan Hewokloang mengaku belum bekerja. Pemuda berusia 22 tahun ini senang ketika direkrut menjadi tenaga kerja di sebuah perusahaan sengon di Ketapang.
Sempat Pesta Ayam Panggang, Rencana Yanto Kerja di Kalbar Digagalkan Polisi
Para TKI ilegal diangkut ke Mapolres Sikka
“Yang ajak Om Fendi (Yosef Efendi, Red). Dia sudah lama kerja di sana. Dari Dokar kami ada 3 orang,” ujar pemuda yang sudah tamat sekolah menengah atas itu.
Dia mengaku tidak mengeluarkan biaya satu sen pun. Semua biaya diurus Yosef Efendi. Nantinya, kata dia, upah kerja di Ketapang, akan dipotong setiap bulan untuk mengganti biaya yang dikeluarkan Yosef Efendi.
Pemuda ini tidak menyangka rencana keberangakatan ke Ketapang justerh digagalkan aparat keamanan karena alasan tidak kantongi dokumen. Dia sedikit kesal karena upaya untuk mengubah nasib di perantauan justeru terkendala karena urusan administrasi.
Sebagaimana diberitakan aparat Polres Sikka menggagalkan pemberangkatan 20 tenaga kerja ilegal dari Kabupaten Sikka ke Ketapang. Polisi mengamankan mereka di Bandara Frans Seda Maumere, Selasa (11/2) pagi. Para TKI ilegal ini hendak berangkat menggunakan pesawat Wing’s Air.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini