5 Sampel Darah Babi Dikirim ke Laboratorium Veteriner di Medan

0
201
5 Sampel Darah Babi Dikirim ke Laboratorium Veteriner di Medan
Kepala Bidang Keswan Dokter Margaretha Siko
Maumere-SuaraSikka.com: Dinas Pertanian Kabupaten Sikka melalui Bidang Kesehatan Hewan telah mengirimkan 5 sampel darah babi ke Laboratorium Veteriner di Medan. Hingga sekarang belum diketahui hasilnya.
Kepala Bidang Keswan Dokter Margaretha Siko menyampaikan hal ini, Kamis (27/2), ketika berbicara sebagai pemateri pada Workshop Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman ASF di Aula Kantor Dinas Pertanian.
Lima sampel darah babi itu dikirim pada Selasa (25/2) melalui Laboratorium UPT Veteriner Propinsi NTT. Dia berharap secepatnya mendapatkan hasil laboratorium untuk diketahui penyebab sesungguhnya.
Sampel darah babi yang dikirim ke laboratorium, kata dia, berasal dari berbagai wilayah. Dia menyebut seperti dari Desa Lepolima, Kelurahan Kota Baru, Kelurahan Madawat, dan Kelurahan Kabor. Dokter hewan itu tidak mendetail nama pemilik babi, maupun alamat lengkapnya.
Menurut Margaretha Siko, pihaknya mengirim sampel darah dari babi-babi yang sedang mengalami sakit dengan gejala panas yang suhunya di atas 40 derajat. Pengiriman sampel darah babi ke laboratorium agar diketahui dengan pasti jenis penyakitnya.
Kabupaten Sikka kini tengah mewanti-wanti masuknya virus demam babi Afrika atau African Swine Fever (ASF). Virus yang belum ada vaksinnya itu, kini sedang mewabah pada beberapa kabupaten di wilayah Pulau Timor di NTT. Jika tidak diwaspadai sejak dini, bukan tidak mungkin virus mematikan itu masuk ke Pulau Flores.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini