Antisipasi Covid 19, Ruang Rawat Pasien Wanita Bakal Dijadikan Ruang Isolasi

0
78
Antisipasi Covid 19, Ruang Rawat Pasien Wanita Bakal Dijadikan Ruang Isolasi
Kepala Dinas Kesehatan Sikka Petrus Herlemus

Antisipasi Covid 19, Ruang Rawat Pasien Wanita Bakal Dijadikan Ruang Isolasi
Maumere-SuaraSikka.com: Manajemen RSUD TC Hillers bakal menjadikan ruang rawat pasien wanita dewasa sebagai ruang isolasi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pasien yang membutuhkan perawatan di ruang isolasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka Petrus Herlemus menegaskan strategi ini ditempuh karena ruang isolasi di RSUD TC Hillers Maumere hanya menyediakan 2 kamar dengan daya bisa tampung 4 pasien. Sedangkan ruang pasien wanita dewasa dengan daya tampung 30 pasien.

“Untuk sementara Ruang Isolasi sudah ditempati 2 pasien orang dalam pemantauan (ODP) dari Kabupaten Lembata. Masih tersedia 2 bed kosong. Kondisi ini tidak memungkinkan jika terdapat banyak pasien yang mesti diisolasi,” ujar dia usai Rapat Koordinasi Kesehatan Penanganan Covid 19, Jumat (20/3).

Ruang rawat pasien wanita dewasa atau Ruang Mawar, berada dalam sal yang sama dengan ruang isolasi. Letak ruang isolasi persis di belakang Ruang Mawar. Dengan menjadikan Ruang Mawar sebagai ruang isolasi, diperkirakan akan memudahkan tindakan-tindakan secara medis.

Selanjutnya, terang Petrus Herlemus, pasien dari Ruang Mawar akan dialihkan ke Ruang Paviliun dengan kapasitas 18 tempat tidur. Pihaknya tengah mengupayakan percepatan pemanfaatan Gedung IGD yang baru selesai dikerjakan, agar bisa menampung pasien.

“Saya sudah koordinasi dengan Manajemen RSUD TC Hillers agar bisa manfaatkan IGD untuk perawatan pasien di Lantai 1 dan Lantai 2,” ujar dia.

RSUD TC Hillers Maumere merupakan salah satu rumah sakit yang ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan Covid 19. Meski demikian sarana prasarana di rumah sakit ini belum memadai. Bahkan rumah sakit ini kekurangan alat pelindung diri (APD). Secara ideal, dibutuhkan 30 pasang APD setiap harinya, namun ironinya yang tersedia hanya 3 pasang saja.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini