Satuan Gugus Tugas Covid Mulai Periksa Penumpang di Bandara Frans Seda Maumere

0
208
Satuan Gugus Tugas Covid Mulai Periksa Penumpang di Bandara Frans Seda Maumere
Petugas menyemprotkan cairan antiseptik kepada penumpang yang baru tiba di Bandara Frans Seda Maumere, Minggu (22/3)

Maumere-SuaraSikka.com: Satuan Gugus Tugas Covid Kabupaten Sikka mulai memperketat kedatangan penumpang di Bandara Frans Seda Maumere. Sejak Minggu (22/3) hari ini, penumpang yang datang diperiksa satu per satu.

Pemeriksaan dilakukan oleh petugas kesehatan dari Satuan Gugus Tugas Covid Kabupaten Sikka. Minimnya petugas, mengakibatkan pemeriksaan berlangsung cukup lama.

Pantauan media ini, Nam Air dari Denpasar tiba di Bandara Frans Seda pukul 16.13 Wita. Ratusan penumpang diperiksa di pintu masuk ruangan kedatangan. Seorang petugas mengukur suhu tubuh penumpang. Setelah itu petugas yang lain menyemprotkan cairan antiseptik ke tangan.

Usai itu, penumpang langsung berhadapan dengan petugas administrasi. Di tempat ini, petugas mencatat identitas penumpang termasuk nomor kontak. Petugas juga menanyakan kondisi kesehatan penumpang seperti gangguan pernapasan, batuk, dan pilek.

Heribertus Rajalewa, staf Bandara Frans Seda mengatakan pemeriksaan penumpang terkait pencegahan penularan Covid 19. Pemeriksaan mulai dilakukan hari ini, karena Satuan Gugus Tugas Covid baru mengirimkan petugas kesehatan pada hari ini.

Pemeriksaan penumpang, katanya, untuk sementara diterapkan kepada penumpang yang datang. Sementara penumpang yang berangkat belum dilakukan pemeriksaan.

Kepala Seksi Survelence dan Imunisasi Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka
Jonsenius Gibrail Bola mengatakan sudah memeriksa ratusan penumpang dari dua armada yang tiba di Bandara Frans Seda Maumere. Nantinya, hasil pemeriksaan akan dilaporkan kepada Kepala Dinas Kesehatan.

“Nanti langsung ke Kepala Dinas saja. Semua informasi diberlakukan satu pintu,” jawab dia.

Pantauan media ini, pemeriksaan berlangsung lancar. Para penumpang juga sangat kooperatif meski harus antri dengan waktu yang cukup lama. Untuk 1 orang penumpang membututuhkan waktu kira-kira 5-10 menit.

Hari ini ada 4 penerbangan dari 2 armada yang tiba di Bandara Frans Seda Maumere. Awalnya Wings Air rute Denpasar, Maumere, Kupang, lalu Nam Air rute yang sama, kemudian Wings Air rute Labuan Bajo, Maumere, Makasar, dan terakhir Nam Air rute Kupang, Maumere, Denpasar.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini