Mobil Jenazah Khusus Covid Tiba di Maumere

0
156
Mobil Jenazah Khusus Covid Tiba di Maumere
Mobil jenazah khusus Covid dan Ambulance Gawat Darurat Khusus Covid di Kantor Dinkes Sikka, Sabtu (25/4)

Maumere-SuaraSikka.com: Pemkab Sikka tidak main-main berhadapan dengan virus corona. Sebuah mobil jenazah khusus untuk Covid 19 pun sudah tiba di Maumere.

Mobil jenazah khusus Covid 19, tiba bersama mobil ambulance gawat darurat khusus Covid 19, sekitar pukul 10.30 Wita di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka di Jalan Eltari. Mobil khusus Covid 19 ini yang pertama di Propinsi NTT.

Dua mobil ini senilai Rp 1.240.000.000, menggunakan alokasi anggaran APBD Sikka. Pengadaan dengan metode penunjukkan langsung sesuai Surat Edaran Mendagri dan arahan LKPP karena situasi tertentu. Kontraktor pelaksananya adalah PT Ambulance Pintar Indonesia.

Jurubicara Satgas Covid Sikka Petrus Herlemus kepada wartawan di Media Center di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Sabtu (25/4), menegaskan dua mobil ini telah memenuhi standar WHO.

Dia mengatakan Pemkab Sikka tidak saja gencar melakukan pencegahan dan melaksanakan tindakan kuratif yang maksimal. Tetapi pemerintah juga berpikir tentang kondisi yang terburuk, seperti penanganan jenazah dan pemakaman.

“Jadi dengan pengadaan mobil jenazah khusus Covid, termasuk tempat pemakaman, kita tidak berharap harus ada yang meninggal. Tapi pemerintah harus antisipasi lebih jauh. Sehingga pada saatnya ketika kita berhadapan dengan kondisi terburuk, kita tidak kewalahan,” jelas dia.

Dia menambahkan ambulance gawat darurat khusus Covid 19, antara lain untuk melindungi tenaga kesehatan. Sebagai perangkat yang berada di garda terdepan, katanya, petugas kesehatan harus dipastikan safety dan benar-benar terlindungi.

Demikian pun, tambahnya, jika ada kasus kematian, maka harus digunakan mobil jenazah yang berstandar. Karena bagaimana pun, pemerintah juga memikirkan keselamatan petugas jenazah.

Terkait petugas penanganan jenazah, Petrus Herlemus mengatakan akan melaksanakan on the job trainning (OJT) bersama aparat TNI dan Polri di Kabulaten Sikka. Rencananya OJT akan dilaksanakan pada Senin (27/4) usai serah terima dua mobil khusus ini.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini