Tips Cegah Virus Corona, Pakai Masker dan Cuci Tangan

0
176
Tips Cegah Virus Corona, Pakai Masker dan Cuci Tangan
Dokter Asep Purnama sedang memberikan edukasi pencegahan virus corona, Jumat (24/4)

Maumere-SuaraSikka.com: Dokter Asep Purnama mengingatkan warga masyarakat Kabupaten Sikka untuk selalu mengenakan masker dan rajin mencuci tangan. Itu dua cara praktis mencegah penularan virus corona.

Edukasi seperti ini terus-menerus dia lakukan untuk siapa saja dan dalam kesempatan apa saja. Setidaknya dalam 2 bulan terakhir ini sudah puluhan kali dia memberikan edukasi.

Virus corona, katanya, menular melalui dua cara. Pertama melalui droplet, dan kedua melalui kontak langsung. Masyarakat diminta untuk mengetahui cara-cara memutuskan matarantai penyebarannya.

Penyebaran melalui cairan droplet, di mana virus menunggang saat batuk, bersin, atau berbicara. Cairan droplet yang mengandung virus kemudian masuk ke bagian tubuh orang lain seperti mulut dan tangan, dan akhirnya masuk ke paru-paru.

Cara mudah untuk mencegah virus yang menumpang pada droplet, ujarnya, hanya dengan memakai masker penutup hidung dan mulut. Untuk menahan laju droplet, selalu disarankan menjaga jarak 1-2 meter, karena sifat droplet yang bisa mental hingga jarak tersebut.

“Kalau kita pakai masker, lalu di sebelahnya juga pakai masker, terus jaga jarak, maka dengan sendirinya virus tidak akan berpindah. Cairan droplet jatuh ke tanah dan mati,” terang Dokter Asep kepada puluhan camat, kelala desa, dan lurah di depan Kantor Los dan Giro Maumere, Jumat (24/4).

Penyebaran berikutnya melalui kontak langsung dengan menyentuh benda-benda asing yang sudah tertempel virus. Tanpa sadar, tangan manusia yang menyentuh benda asing tertempel virus, menyentuh lagi mata, hidung, dan mulut. Virus corona mudah sekali masuk melalui mata, hidung, dan mulut.

Untuk mencegahnya, kata dia, hanya dengan cara mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun. Dia menyarankan agar rajin mencuci tangan setelah setiap kali menyentuh benda asing.

“Seperti sekarang saya pegang toa, bisa saja virus sudah ada di gagang toa ini. Nanti setelah ini, saya wajib cuci tangan,” jelas dia.

Dokter Asep Purnama mengingatkan terus-menerus agar masyarakat Kabupaten Sikka bersama-sama melakukan pencegahan dengan memakai masker dan rajin mencuci tangan.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini