Ini Instruksi Bupati Sikka terkait New Normal

0
48
Ini Instruksi Bupati Sikka terkait New Normal
Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo

Maumere-SuaraSikka.com: Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo mengeluarkan instruksi terkait penerapan New Normal. Ada 8 poinbyang termuat dalam instruksi tersebut.

Pertama, mulai besok Jumat (29/5) seluruh aktifitas masyarakat dibuka kembali secara normal dan terbatas sampai pukul 21.00 Wita. Di atas jam 21.00 Wita masyarakat sudah kembali ke rumah atau tempat tinggal masing-masing.

Kedua, semua pelaku usaha, pengurus tempat ibadah, pengelola terminal penumpang, pengelola tempat wisata dan tempat hiburan, pengelola pasar, penjagan perbatasan dan pengamanan pelabuhan tetap memperhatikan dan melaksanakannya sesuai ketentuan atau protokoler kesehatan.

Ketiga, bagi pelaku usaha, pengurus tempat ibadah, pengelola terminal penumpang, pengelola tempat wisata dan tempat hiburan, pengelola pasar yang melakukan pelanggaran terhadap ketentuan atau prorokoler kesehatan akan diberikan teguran, pembinaan dan hukuman sesuai ketentuan yang berlaku.

Keempat, bagi warga masyarakat baik secara pribadi atau komunitas yang melakukan pelanggaran, tidak disiplin, tidak tertib, dan tidak taat terhadap ketentuan atau protokoler kesehatan akan diberikan teguran, pembinaan dan hukuman sesuai ketentuan yang berlaku.

Kelima, seluruh aktifitss belajar mengajar pada semua jenjang pendidikan akan mulai dilaksanakan sesuai kalender pendidikan yang berlaku yakni bulan Juli 2020.

Keenam, petugas pengamanan dan kesehatan di wilyaha perbatasan, terminal, bandara, dan pelabuhan laut tetap memperketat pengawasan dan pemeriksaan terhadap pelaku perjalanan sesuai prosedur yang ditetapkan.

Ketujuh, petugas pengamanan dari Polres Sikka, Kodim Sikka, Lanal Maumere dan Pol PP Sikka tetap menjaga dan memberikan pengarahan serta pembinaan terhadap masyarakat dan melakukan pengamanan pada tempat-tempat keramaian mssyarakat seperti pasar, toko, rumah makan, warung makan, terminal, tempat hiburan dan tempat ibadah, serta sekolah-sekolah dan tempat kerja.

Kedelapan, untuk mencegah dan memutus matarantai penyebaran virus corona dalam wilayah Kabupaten Sikka, Bupati dan Wakil Bupati mengajak semua masyarakat selalu patuh, taat dan disiplin terhadap anjuran dan imbauan pemerintah agar semua aman dan selamat dari virus.

Anjuran dan imbauan yang dimaksudkan adalah menggunakan masker penutup hidung dan mulut setiap saat dan sering mencuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir.

Sain itu menjaga jarak baik di rumah, tempat umum, tempat ibadah, siapkan hand sanitizer atau tempat cuci tangan pada tempat tinggal, tempat ibadah, perkantoran, tempat usaha, tempat wisata, temat hiburan dan terminal penumpang.

Imbauan lain yakni hindari kerumunan dan sebaiknya di rumah saja, serta tetap tenang dan jangan panik.

Instruksi Bupati Sikka ini diterbitkan pada Kamis (28/5), dan mulai diberlakukan Jumat (29/5). Tidak ada ruang dan waktu untuk menyosialisasikan instruksi tersebut.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini