Instruksi Bupati Sikka Tanpa Sosialisasi, Kapolres Geram

0
67
Instruksi Bupati Sikka Tanpa Sosialisasi, Kapolres Geram
Kapolres Sikka dan Dandim Sikka usai mengikuti pertemuan terkait pemberlakuan new normal, Kamis (28/5)

Maumere-SuaraSikka.com: Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo mengeluarkan instruksi terkait new normal. Pemberlakuannya mulai hari ini, tanpa ada sosialisasi terlebih dahulu. Kapolres Sikka pun geram karena kuatir terjadi benturan di lapangan.

Instruksi Bupati Sikka diterbitkan Kamis (28/5), ditujukan kepada pimpinan perangkat daerah, camat, kepala desa dan lurah, pimpinan instansi/dinas/badan vertikal, pimpinan/tokoh agama, pelaku usaha, dan pimpinan lembaga pendidikan.

Sebanyak 8 poin instruksi, baru disampaikan secara terbuka oleh Wakil Bupati Sikka Romanus Woga, Kamis (28/5) siang. Dia membacakannya saat membuka rapat gugus tugas Satgas Covid Sikka di Aula Kantor BPBD Sikka.

Beragam tanggapan terhadap Instruksi Bupati Sikka. Terutama menyangkut tidak adanya sosialisasi terlebih dahulu ke tengah masyarakat.

Kapolres Sikka AKBP Sajimin yang hadir dalam rapat tersebut, mempertanyakan kesiapan pemerintah daerah dalam melaksanakan new normal. Jika tanpa persiapan, dia kuatir justeru yang terjadi malah bukan new normal, tetapi pola kehidupan yang biasa sebelum virus corona mewabah.

Karena itu Kaplres Sikka menghendaki diberi waktu untuk sosialisasi sehingga tidak terjadi benturan saat pelaksanaan. Apalagi ada beberapa klausul terkait teguran, pembinaan, dan hukuman bagi pelanggar instruksi.

“TNI Polri dan Pol PP yang di lapangan nanti bisa salah paham dengan masyarakat, kalau masyarakat mengaku tidak pernah dapat sosialisasi,” ungkap Sajimin.

Tidak hanya Kapolres Sikka, beberapa pejabat eselon 2 yang ikut dalam pertemuan, mengusulkan pemberlakuan instruksi ditunda. Pertimbangannya agar ada waktu untuk menyosialisasikan terlebih dahulu ke tengah masyarakat.

Selain sosialisasi, pejabat eselon 2 juga berharap ada perangkat-perangkat pendukung Instruksi Bupati Sikka, sehingga penerapannya bisa berjalan maksimal.

Namun apapun pendapat peserta rapat, semuanya dimentahkan oleh Penjabat Sekda Sikka Wihelmus Sirilus yang memimpin rapat siang itu. Dia beralasan Bupati Sikka telah menandatangani instruksi tersebut, dan wajib dilaksanakan.

Usai rapat, Kapolres Sikka yang dikonfirmasi media ini menjelaskan akan berupaya melaksanakan Instruksi Bupati Sikka dengan cara-cara persuasif.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini