Iknasia Kaget, Biaya Persalinan Ditanggung JKN-KIS

0
18
Iknasia Kaget, Biaya Persalinan Ditanggung JKN-KIS
Iknasia, warga Kecamatan Waiblama

Maumere-SuaraSikka.com: Iknasia tampak kaget. Dia tidak menyangka seluruh biaya persalinan anak keenam ditanggung BPJS Kesehatan.

Padahal perempuan berusia 43 tahun ini sempat pening. Dia pusing memikirkan biaya persalinan. Suaminya hanya seorang petani dengan penghasilan yang tidak pasti.

“Terus terang waktu itu saya dan suami sempat pening. Kami tidak punya simpanan yang cukup. Apalagi harus operasi caesar. Dan saya kaget sambil bersyukur ketika mengetahui biaya operasi dijamin sepenuhnya oleh program JKN-KIS,” ungkap Iknasia ketika ditemui di RSUD TC Hillers Maumere.

Perempuan ini dirujuk dari Puskesmas Tanarawa ke RSUD TC Hillers Maumere. Kala itu dia belum mengalami rasa sakit, walaupun usia kehamilannya sudah jatuh tempo.

Iknasia merupakan peserta JKN-KIS sejak tahun 2015. Dia bersama suami dan 5 anaknya masuk segmen PBI APBN.

Waktu itu, katanya, dia didaftar oleh pemerintah desa setempat. Iuran setiap bulan yang menjadi kewajiban bagi peserta, ditanggung oleh pemerintah pusat.

Dengan penuh haru, Iknasia menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sikka di zaman Bupati Yoseph Ansar Rera. Alasannya karena di zaman itu namanya terakomodir sebagai peserta JKN-KIS yang ditanggung pemerintah pusat.

Dia berharap agar semakin banyak masyarakat Kabupaten Sikka yang belum menjadi peserta JKN-KIS dapat dijaminkan oleh pemerintah.

“Program JKN-KIS sangat membantu masyarakat yang tidak mampu,” ucap dia.

Selain kepada pemerintah, dia juga berterimakasih kepada lembaga penjamin kesehatan BPJS Kesehatan selaku penyelenggara program pemerintah.

Dia mengatakan selain biaya operasi persalinan ditanggung BPJS Kesehatan, dia mendapatkan kemudahan ketika mengurus KIS untuk bayi yang baru dilahirkan.

“Sekarang ini saya lagi urus KIS untuk anak. Semuanya berjalan lancar, tidak ada hambatan,” ungkap Iknasia.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada petugas medis baik dokter, perawat dan bidan yang membantu proses persalinan. Dia bersyukur karena semua tugas dijalankan secara profesional dengan penuh keramahan.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini