Rutin Bayar Iuran Tiap Bulan, JKN-KIS Jamin Peserta di Kala Sakit

0
20
Rutin Bayar Iuran Tiap Bulan, JKN-KIS Jamin Peserta di Kala Sakit
Marselinus Vatisan Siga

Maumere-SuaraSikka.com: Jika mengalami sakit, tidak perlu kuatir dengan biaya pengobatan. Jika rutin membayar iuran setiap bulan, praktis Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) menjamin kesehatan pesertanya.

Setidaknya ini adalah pengalaman banyak orang, termasuk Marselinus Vatisan Siga, satu di antara peserta JKN-KIS.

“Baru dua kali saya berkunjung ke dokter keluarga untuk periksa kesehatan. Syukurlah, tidak ada biaya. Semuanya ditanggung JKN-KIS,” kisah Marselinus Vatisan Siga.

Pria berusia 41 tahun ini merupakan peserta Program JKN-KIS sejak tahun 2015. Dia terdaftar pada segmen Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Kelas 1. Segmen ini lebih dikenal dengan sebutan peserta mandiri. Kewajibannya adalah membayar iuran setiap bulan sebelum tanggal 10.

Marselinus Vatisan Siga mengaku rutin setiap bulan membayar iuran. Dia berupaya sedemikian rupa agar tidak telat membayar.

Pria ini kemudian menceritakan pengalamannya saat berobat di salah satu fasilitas kesehatan yaitu di dokter keluarga yakni Dokter Lince Holsen pada Jumat, (22/5).

“Saya dilayani dengan sangat baik oleh Dokter Lince bersama petugas medis yang membantu dokter. Yang pertama kali ditanyakan adalah kepesertaan JKN-KIS. Itulah untungnya sebagai peserta JKN-KIS. Dua kali berobat, semuanya dibiayai negara,” ujarnya semangat.

Menghadapi realitas positip yang sangat membantu masyarakat, Maeselinus Vatisan Siga menyampaikan terima kasih kepada BPJS Kesehatan sebagai pengelola Program JKN-KIS. Alasannya, program ini sangat membantu masyarakat.

Selain itu dia mengajak warga masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, agar segera mendaftarkan diri beserta keluarga sebagai peserta JKN-KIS.

“Kita tidak pernah tahu kapan kita akan sakit, dan butuh biaya yang tidak sedikit. Kita tidak rugi dengan iuran rutin setiap bulan, karena¬† iuran tersebut merupakan jaminan buat kita sendiri dan anggota keluarga lainnya untuk berobat,” ujar dia.

Dia berharap Program JKN-KIS terus dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga bisa dinikmati oleh semua warga masyarakat.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini