Lindungi Karyawan dan Peserta, BPJS Kesehatan Maumere Tegakkan Protokoler Covid

0
14
Lindungi Karyawan dan Peserta, BPJS Kesehatan Maumere Tegakkan Protokoler Covid
Suasana pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Maumere

Maumere-SuaraSikka.com: Manajemen BPJS Kesehatan Cabang Maumere menegakkan protokoler kesehatan. Hal ini untuk melindungi karyawan petugas pelayanan dan peserta JKN-KIS.

Kondisi ini dilakukan di tengah wabah pandemi Covid-19 yang belum mereda di Kabupaten Sikka. Maksudnya agar petugas pelayanan maupun peserta JKN-KIS tidak kuatir menularkan dan tertular virus corona.

“Ini bentuk dukungan kepada upaya pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran dan penularan virus corona,” terang Rusmin salah satu sekuriti yang bertugas di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Maumere, Selasa (27/5) lalu.

Dia mengatakan pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan dan aturan untuk melindungi masyarakat dari penularan virus corona. Kebijakan-kebijakan tersebut, kata dia, tentu juga berdampak kepada keterbatasan akses bagi masyarakat, salah satunya pada pelayanan kesehatan.

Menyikapi itu, Kantor BPJS Kesehatan Cabang Maumere juga harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Manajemen akhirnya menerapkan berbagai cara sebagai pencegahan preventif.

“Petugas pelayanan selalu menggunakan masker, sarung tangan, hand sanitizer, tisu, air dan sabun untuk cuci tangan. Juga ada pembatas acrylic yang terpasang di meja pelayanan, fungsinya untuk membatasi kontak secara langsung antara petugas dan peserta,” ujar dia.

Dia menambahkan bahwa peserta JKN-KIS atau pun pihak mana saja yang akan berurusan di Kantor BPJS Kesehatan Maumere, juga diminta untuk menegakkan protokoler kesehatan.

“Yang datang ke kantor juga harus pakai masker. Kalau tidak pakai, pasti tidak dilayani. Sebelum masuk kantor, terlebih dahulu kami ukur suhu tubuh dengan thermogun,” tambah dia.

Mariana Konsinta Marlina, salah satu peserta JKN-KIS menghargai upaya pencegahan virus corona yang dilakukan manajemen Kantor BPJS Kesehatan Cabang Maumere. Buat dia, apa yang dilakukan itu merupakan standar protokoler yang dianjurkan WHO.

Hemat dia, penegakkan protokoler sudah sepantasnya dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona. Sebagai peserta, kata dia, pihaknya mendukung penuh kebijakan yang diterapkan.

“Saya sangat merasa nyaman masuk di wilayah Kantor BPJS Kesehatan Maumere. Ada berbagai upaya pencegahan preventif,” ujar perempuan yang sedang mengurus perpindahan kelas.

Dia menyampaikan terima kasih kepada BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program JKN-KIS. Dia berharap program ini terus berjalan demi membantu masyarakat Indonesia, terutama masyarakat yang kurang mampu seperti dirinya.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini