Kisah EV, Pasien Positip asal Lela yang baru Pulang dari Kalsel

0
21
Kisah EV, Pasien Positip asal Lela yang baru Pulang dari Kalsel
Ruang Isolasi Dinkes Sikka, tempat pasien positip EV diisolir

Maumere-SuaraSikka.com: EV, 19 tahun, dipastikan positip Covid 19. Beginilah kisah pemuda asal Kecamatan Lela yang baru pulang dari Kalimantan Selatan.

Pemuda ini keluar dari Kalsel pada 12 Juli 2020. Tiga hari sesudahnya, dia tiba di Bandara Frans Seda Maumere.

Saat diperiksa Tim Satgas Covid Sikka di bandara, EV menunjukkan hasil rapid test dari tempat kedatangannya. Diketahui hasil rapid test anak muda ini adalah nonreaktif. Dia pun langsung menuju rumahnya di Desa Hepang.

Satu minggu sesudahnya, Tim Satgas Covid Sikka menjemput EV di rumahnya. Ternyata pemuda ini dipastikan terpapar positip virus corona.

Jurubicara Satgas Covid Sikka Petrus Herlemus menjelaskan pihaknya menerima kabar resmi dari Dinas Kesehatan Propinsi NTT bahwa yang bersangkutan positip corona.

“Dinkes NTT mendapat informasi dari Dinkes Kalsel, dan melanjutkan ke kami. Malam itu tim langsung bergerak menjemput dia,” jelas Petrus Herlemus, Sabtu (1/8).

Dia mengatakan sebelum naik pesawat, EV sempat menjalani pemeriksaan swab. Hasil swab belum keluar, tapi EV sudah melanjutkan perjalanan ke Maumere.

“Hasil swab baru keluar pada 22 Juli 2020. Jadi malam itu, setelah dapat info resmi, kami langsung jemput dia,” jelas Petrus Herlemus.

Tim Satgas Covid Sikka awalnya membawa anak muda calon mahasiswa ini ke lokasi karantina terpusat. Namun penghuni lokasi karantina keberatan. Akhirnya EV dibawa ke ruang isolasi Kantor Dinas Kesehatan.

Petrus Herlemus kecewa karena pemuda ini tidak jujur menyampaikan informasi yang sebenarnya kalau dia telah menjalani swab sebelum berangkat ke Maumere.

“Dia hanya tunjukkan dokumen hasil rapid test kepada petugas di bandara. Dia tidak jujur, padahal sudah swab,” ujarnya kesal.

Petrus Herlemus yang juga Kepala Dinas Kesehatan Sikka ini mengimbau agar semua pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah Kahupaten Sikka harus memberikan informasi secara jujur.

Satgas Covid Sikka sudah melakukan swab kedua terhadap EV. Sampel swab sudah dikirim ke laboratorium di Kupang. Hingga kini hasilnya belum diketahui.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini