Lokasi Karantina Terpusat di Maumere Ditiadakan

0
247
Lokasi Karantina Terpusat di Maumere Ditiadakan
Penjabat Sekda Sikka Wihelmus Sirilus

Maumere-SuaraSikka.com: Pemkab Sikka memutuskan meniadakan 2 lokasi karantina terpusat di Maumere. Keputusan tersebut berlaku sejak Selasa (25/8).

Dua lokasi karantina terpusat itu yakni Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Gedung Sikka Convention Center (SCC). Lokasinya berdekatan, terletak di Jalan Ahmad Yani.

Penjabat Seka Sikka Wihelmus Sirilus menuturkan keputusan tersebut diambil melalui rapat koordinasi pada Senin (24/8).

“Kita putuskan tidak ada lagi lokasi karantina terpusat. Gedung dan kantor dinas yang selama ini dijadikan lokasi karantina terpusat, kita kembalikan fungsinya seperti semula,” jelas Wihelmus Sirilus kepada media ini di ruang kerjanya, Selasa (25/8).

Penjabat Sekda Sikka tidak menggambarkan secara jelas apa pertimbangan pemerintah sehingga meniadakan 2 lokasi karantina terpusat. Dia hanya menyebutkan karena Sikka sudah masuk dalam zona hijau.

Dengan ditiadakan lokasi karantina terpusat, lanjut dia, maka pelaku perjalanan yang datang dari berbagai daerah disarankan untuk melaksanakan karantina mandiri di rumah masing-masing.

“Kita maksimalkan di lokasi kedatangan, seperti di bandara dan pelabuhan laut. Nanti ada pengukuran suhu tubuh terhadap pelaku perjalanan,” ujar dia.

Wihelmus Sirilus menambahkan jika nanti ditemukan pelaku perjalanan dengan status positip virus corona, maka lokasi karantina terpusat akan diaktifkan kembali.

Sebagaimana diketahui, dua lokasi karantina terpusat ini diberlakukan sejak kedatangan KM Lambelu pada 7 April.2020 lalu. Kala itu Satgas Covid Sikka menampung 239 penumpang eks Lambelu.

Pantauan media ini, Selasa (24/8), puluhan personil BPBD Sikka bersama Tagana Maumere dan PMI Maumere membongkar semua peralatan dan fasilitas yang selama ini difungsikan di lokasi karantina terpusat. Barang-barang ini kemudian diangkut ke Kantor BPBD Sikka.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini