ASN di Sikka Sebut JKN-KIS Program Unggulan yang Luar Biasa

0
217
ASN di Sikka Sebut JKN-KIS Program Unggulan yang Luar Biasa
Angela Ema

Maumere-SuaraSikka.com: Seorang aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Sikka Propinsi NTT menyebut Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program unggulan yang luar biasa.

Angela Ema, 53 tahun, tentu punya alasan tersendiri. Dia mengatakan kehadiran JKN-KIS yang diinisiasi pemerintah telah membentuk pikiran yang seragam din tengah masyarakat bahwa pemerintah serius memberikan perhatian terhadap kesejahteraan kesehatan seluruh masyarakat di negeri ini.

“Sebagai program unggulan, JKN-KIS tidak henti-hentinya memberikan manfaat kepada masyarakat, baik dari keluasan akses pelayanan hingga manfaat yang bisa dirasakan peserta,” ungkap Angela Ema baru-baru ini.

Dia sendiri telah merasakan manfaat program JKN-KIS, terutama saat sedang berobat, baik pada fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun fasilitas kesehatan selanjutnya.

Perempuan ini lalu mengisahkan bagaimana dia memanfaatkan kartu kepesertaannya, saat dirinya terserang sakit pada ulu hati. Awalnya dia merasakan gejala sakit pada bagian ulu hati. Lalu kemudian diikuti dengan perut kembung dan badan panas.

“Saya rasa kurang enak badan. Akhirnya malam itu juga saya berinisiatif ke fasilitas kesehatan tingkat oertama untuk mendapatkan pertolongan medis. Dari hasil pemeriksaan, ternyata saya terserang hernia hiatal. Lalu saya dirujuk ke RSUD TC Hillers untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut,” cerita Angela,┬áKamis (19/8).

Sebelumnya dia tidak menyadari akan menderita penyakit seperti itu. Alasannya karena dia tidak punya riwayat penyakit serius apapun. Sejak memiliki kartu Askes maupun JKN-KIS, dia belum pernah memanfaatkan sama sekali.

Serangan hernia hiatal membuat kondisi kesehatannya semakin terganggu. Akhirnya dia memutuskan untuk berobat menggunakan KIS sebagai tanggungan kesehatan perdana yang dia alami.

“Dan saya benar merasakan manfaatnya. Terbukti hasilnya sangat memuaskan karena seluruh biaya perawatannya selama berobat ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan,” ungkapnya gembira.

Selama pengobatan dia mengaku mendapatkan pelayanan yang tanggap dan baik dari petugas medis di rumah sakit. Dalam waktu 2 hari saja, kondisi kesehatan perempuan ini berangsur membaik, dan dia bisa sehat kembali.

Dia mengaku pelayanan kesehatan terhadap dirinya yang menggunakan KIS, tidak dibedakan dengan pelayanan kesehatan kepada pasien umum lainnya.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini