Biaya Cuci Darah Nol Rupiah, Yustina: JKN-KIS Luar Biasa

0
71
Biaya Cuci Darah Nol Rupiah, Yustina: JKN-KIS Luar Biasa
Yustina Yansye Nubatonis

Maumere-SuaraSikka.com: Yustina Yansye Nubatonis menyebutkan Jamiman Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program yang luar biasa. Dia merasakan manfaatnya ketika melaksanakan cuci darah dengan tidak ada biaya alias nol rupiah.

Warga Higetegera Desa Watumilok Kecamatan Kangae ini bersyukur sekali telah menjadi peserta JKN-KIS sehingga dia mendapatkan jaminan kesehatan.

Perempuan berusia 66 tahun ini menjalani cuci darah di RSUD TC Hillers Maumere. Dia mengalami gagal ginjal.

Awalnya, Yustina merasakan gejala kelelahan, pusing pada kepala dan mual. Lalu dia berinisiatif mendatangi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) pada Dokter Kristiana Yosefina sebagai dokter keluarga. Kemudian dia mendapat rujukan untuk segera ditangani lebih lanjut pada RSUD TC Hillers Maumere.

Yustina mengaku awalnya merasakan kuatir dengan biaya yang akan dikeluarkan untuk cuci darah. Namun dengan berbagai informasi, dia mendapatkan penjelasan tentang jaminan kesehatan bagi peserta JKN-KIS yang dijaminkan oleh BPJS Kesehatan sebagai lembaga penyelenggara.

Dengan modal sebagai peserta aktif JKN-KIN, akhirnya Yustina mendapatkan penanganan medis selama 7 hari di RSUD TC Hillers.

“Pelayanan di runah sakit sangat bagus dan memuaskan, termasuk di FKTP. Saya sangat terbantu dengan adanya program JKN-KIS. Tidak ada biaya sepeser pun yang saya dan keluarga keluarkan,” cerita dia, Kamis (20/8) lalu, sambil menunjumkan KiS miliknya.

Perempuan ini berharap BPJS Kesehatan selaku penyelenggara dan fasilitas kesehatan terus meningkatkan pelayanan. Dia pjn berharap program JKN-KIS yang sudah dirasakan manfaatnya ini terus dilaksanakan demi kepentingan masyarakat.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini