Tidak Diperiksa di Laboratorium TCM Maumere, 28 Sampel Swab Dikirim ke Kupang

0
379
Tidak Diperiksa di Laboratorium TCM Maumere, 28 Sampel Swab Dikirim ke Kupang
Pengiriman 28 sampel swab dari Kabupaten Sikka, Senin (31/8) (foto: istimewa)

Maumere-SuaraSikka.com: Sebanyak 28 sampel swab dari Kabupaten Sikka tidak diperiksa di Laboratorium TCM di RSUD TC Hillers Maumere. Tapi justeru dikirim ke Kupang untuk diperiksa di Laboratorium PCR Biomolekuler RSUD WZ Johanes.

Sampel swab nasofaring dan orofaring tersebut dikirim Senin (31/8) pukul 13.30 Wita melalui Bandara Frans Seda, menggunakan pesawat komersial berjenis Wings Air.

“Ada 28 sampel swab dari 14 orang yang dikirim ke Kupang untuk diperiksa di Laboratorium PCR Biomolekuler RSUD WZ Johanes,” demikian rilis Kepala Dinas Kesehatan Petrus Herlemus, Selasa (1/9).

Petrus Herlemus tidak memberikan keterangan terkait pertanyaan apa alasan sehingga 28 sampel swab tersebut tidak diperiksa di Laboratorium TCM RSUD TC Hillers.

Kadis Kesehatan yang juga Jurubicara Satgas Covid Sikka itu menjelaskan pengiriman 28 sampel swab dilakukan Satgas Covid Sikka yang dipimpin Dokter Santy Delang.

“Boks yang berisikan sampel swab dikemas khusus sesuai standar penanganan protokol kesehatan,” ujar dia.

Selanjutnya, tambah dia, hasil pemeriksaan akan diumumkan secara resmi oleh Satgas Covid NTT. Belum diketahui berapa lama sampel tersebut akan diperiksa.

Sebagaimana diketahui, Maumere ditunjuk sebagai salah satu tempat pemeriksaan swab di NTT, selain sebuah laboratorium di Kupang. Dengan demikian pemeriksaan sampel swab untuk wilayah Flores dan Lembata bisa dilakukan di Maumere.

Laboratorium TCM yang terletak di RSUD TC Hillers Maumere, diresmikan pemanfaatannya pada pertengahn Juni 2020 lalu.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini