Pentingnya Optimalisasi Layanan Digital di Tengah Pandemi Corona

0
64

Maumere-SuaraSikka.com: Optimalisasi layanan digital dirasakan sangat penting di tengah pandemi covid-19. Perubahan pelayanan seperti ini juga diterapkan pada layanan Jaminan Kesehatan Nasional- Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari, Jumat (23/10) saat menjadi salah satu pemateri pada Media Workshop secara virtual.

Menurutnya, di tengah penerapan digital yang masif di Indonesia, potensi layanan digital di sektor kesehatan bisa terus dikembangkan.

“Dulu orang bicara internet belum terasa, tapi saat ini dengan adanya pandemi Covid-19, maka semua orang sudah tahu dan rasakan dampak penting internet. Internet juga jadi peranan dalam pelayanan kesehatan,” kata wanita yang biasa disapa Anik itu.

Dia mengungkapkan, kemudahan layanan harus diberikan setiap rumah sakit di masa pandemi Covid-19. Hal itulah yang terus dikembangkan BPJS Kesehatan dengan mengembangkan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) secara digital.

Anik menguraikan sejumlah manfaat bagi peserta jika mendaftar secara online. Seperti, peserta dapat melakukan pendaftaran pelayanan kesehatan di FKTP tanpa datang langsung ke FKTP.

Selain itu peserta dapat memprediksi waktu kunjungan FKTP, mengurangi waktu tunggu pelayanan, dan mengurangi risiko penularan penyakit.

Selain bermanfaat bagi peserta, pelayanan digitalisasi juga bermanfaat bagi FKTP. Dia menyebut antara lain, pendaftaran peserta otomatis terkoneksi ke aplikasi P Care, mengurangi antrian peserta, dan sistem antrian bisa digunakan untuk selain peserta JKN.

“Kalau antri online, itu artinya kita tidak berada di FKTP. Ini mendukung pemerintah dalam menjaga protokol kesehatan di antaranya tidak berkerumun di FKTP,” ujar Anik.

Dia menambahkan hingga 20 Oktober 2020, jumlah FKTP di Indonesia yang telah terintegrasi secara online sebanyak 15.112 FKTP. Pihaknya akan terus mendorong FKTP agar menerapkan sistem layanan online.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini