PN Maumere Pastikan Eksekusi Dua Rumah Tinggal di Wairotang

0
168
PN Maumere Pastikan Eksekusi Dua Rumah Tinggal di Wairotang
Ketua PN Maumere Johnicol RF Sine

Maumere-SuaraSikka.com: Pengadilan Negeri Maumere memastikan akan mengeksekusi dua rumah tinggal yang terletak di RT/RW 012/004 Kelurahan Wairotang Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka.

Dua rumah tinggal tersebut ditempati Sosimus Saru dan Yohanes Nong Toris sejak tahun 2010. Atas izin Lurah Wairotang waktu itu, mereka mendirikan rumah di atas tanah negara yang berbatasan langsung dengan pantai Laut Flores.

Ketua PN Maumere Johnicol RF Sine mejelaskan pelaksanaan eksekusi untuk menjalankan perintah Undang-Undang atas keputusan perkara gugatan perbuatan melawan hukum antara Yap Wijaya Yapitana selaku penggugat melawan Sosimus Saru dan Yohanes Nong Toris selaku tergugat.

Dalam amar putusan yang ditetapkan pada 29 Agustus 2019, Majelis Hakim memutuskan mengabulkan sebagian gugatan Yap Wijaya Yapitana, antara lain menyatakan secara hukum penguasaan lokasi oleh Sosimus Saru dan Yohanes Nong Toris selaku tergugat dengan dua bangunan rumah tinggal adalah tidak sah dan melawan hukum. Alasannya karena penguasaan oleh para tergugat tidak berdasar atas hak yang sah.

Majelis Hakim juga menghukum para tergugat atau kepada siapa saja yang memperoleh hak dari para tergugat untuk mengosongkan lokasi tersebut dengan membongkar dua buah bangunan rumah di atasnya, jika perlu dengan bantuan alat negara.

“Saya pastikan, kami akan eksekusi. Keputusan Pengadilan tidak boleh banci,” tegas Johnicol RF Sine, Selasa (10/11) di Kantor PN Maumere.

Sesuai sertifikat hak milik Nomor 57, sebelah utara tanah milik Yap Wijaya Yapitana berbatasan langsung dengan pantai Laut Flores. Realitanya, sebelah utara tanah Yap Wijaya Yapitana ternyata telah dibangun dua rumah tinggal.

Merunut Perpres 51 Tahun 2016 tentang Sempadan Pantai, Johnicol RF Sine menyebutkan dua rumah tinggal itu berada pada sempadan pantai yang merupakan ruang terbuka hijau (RTH).

Hingga kini belum diketahui kapan jadwal pelaksanaan eksekusi terhadap dua rumah tinggal tersebut. PN Maumere telah melaksanakan praeksekusi pada Kamis pekan lalu.

Sesuai penjelasan Panitera PN Maumere Anik Sumaryati usai pelaksanaan praeksekusi, PN Maumere akan mengundang kembali pemohon eksekusi dan termohon eksekusi ke PN Maumere.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini