12 Positip Corona Dipulangkan Sebelum Hasil Swab Keluar

0
486
12 Positip Corona Dipulangkan Sebelum Hasil Swab Keluar
Jurubicara Satgas Covid Sikka Petrus Herlemus

Maumere-SuaraSikka.com: Sebanyak 12 orang di Kabupaten Sikka dipastikan terkonfirmasi positip virus corona, Kamis (16/12). Mereka sudah dipulangkan dari karantina terpusat, dua hari sebelum hasil swab keluar.

Jurubicara Satgas Covid Sikka Petrus Herlemus menjelaskan keputusan memulangkan 12 orang tersebut karena mereka telah menjalani karantina terpusat antara 10-14 hari.

Dia memastikan kondisi 12 orang tersebut dalam keadaan sehat. Saat dipulangkan, mereka mengantongi surat keterangan sehat yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Sikka.

“Hasil swab baru keluar setelah masa karantina mereka selesai. Kondisi mereka sudah sehat,” yakin Petrus Herlemus kepada wartawan di Maumere, Jumat (18/12).

Dia menegaskan bahwa keputusan memulangkan 12 orang sebelum hasil swab keluar, sudah sesuai dengan amanat Revisi 5. Dengan demikian, katanya, keputusan tersebut tidak menyalahi aturan, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Karena itu, tambah dia, pihaknya tidak bisa memperpanjang masa karantina bagi 12 orang tersebut. Kuatirnya justeru menjadi masalah di kemudian hari.

“Sampel swab diperiksa di Kupang, kita tidak tahu kapan keluar, semua tergantung pada uji periksa di laboratorium,” ujar dia.

Masalah lain, katanya, yakni soal biaya makan minum dan pengobatan. Regulasi mengatur pos biaya ini hanya untuk masa karantina selama 10-14 hari. Jika lebih dari masa waktu itu, hampir pasti akan menjadi temuan tim audit.

Meskipun dipastikan 12 orang ini terkonfirmasi positip, tapi semua mereka sudah dinyatakan sembuh. Dengan demikian hingga hari ini, tidak ada lagi pasien positip corona di Kabupaten Sikka.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini