Miris! Tahun 2021 Tidak Ada Anggaran Penanganan Corona

0
445
Miris! Tahun 2021 Tidak Ada Anggaran Penanganan Corona
Suasana RDP antara DPRD Sikka dan Satgas Covid Sikka, Senin (11/1)

Maumere-SuaraSikka.com: Kabupaten Sikka tidak menganggarkan penanganan virus corona untuk 2021. Kondisi ini bakal menjadi masalah besar di kemudian hari.

Sekretaris Fraksi PAN Filario Charles Bertrandi menyebut anggaran untuk corona hanya tertampung pada pos anggaran belanja tidak terduga sebesar Rp 3,5 miliar. Pada pos ini, anggaran bisa dibelanjakan juga untuk kegiatan lain.

Dia menyesalkan tidak adanya keberpihakan anggaran untuk penanganan virus corona.

“Ini artinya kita sedang tidur. Mana pemerintah? Mana Badan Anggaran DPRD?” kritik Charles Bertrandi saat rapat dengar pendapat bersama Satgas Covid Sikka, Senin (11/1).

Stef Sumandi, anggota Banggar dari Fraksi PDIP menegaskan bahwa Banggar DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah sudah membahas anggaran covid.

Dia menegaskan Banggar menyepakati anggaran Rp 5 miliar masuk dalam pos BTT. Anggaran tersebut untuk covid dan bencana lainnya.

“Kami yang di Banggar, tidak bodoh sama sekali. Covid dan stunting itu wajib. Dan itu sudah kami bahas,” timpal dia.

Alfridus Melanus Aeng anggota Banggar dari Fraksi PDIP kaget ketika mendengar tidak ada anggaran covid untuk tahun 2021.

Padahal, kata dia, Banggar sudah membahas pada RAPBD 2021, dan menganggarkan Rp 5 miliar pada pos BTT.

“Kalau benar tidak ada anggaran, berarti pemerintah ini tidak serius menangani covid,” kritik politisi PKPI Sikka itu.

Sekda Sikka Adrianus Firminus Parera saat RDP bersama DPRD Sikka, Senin (11/1)

Sementara Sekda Sikka Adrianus Firminus Parera belum mengetahui porsi anggaran covid pada BTT. Dia beralasan baru dilantik jadi masih harus mempelajari dokumen APBD 2021.

Untuk memastikan ada tidaknya anggaran covid di tahun ini, RPD diskors guna menghadirkan Kepala Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah Paul Prasetyo.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Paulus Prasetyo menjelaskan anggaran covid tahun 2021

Paul Prasetya dalam keterangannya pada RDP, memastikan anggaran covid senilai Rp 5,3 miliar tertampung dalam pos BTT. Anggaran tersebut untuk penanganan bencana, termasuk corona.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini