PKM di Sikka, Aktifitas Masyarakat Dibatasi, Pub dan Dikostik Dilonggarkan

0
298
PKM di Sikka, Aktifitas Masyarakat Dibatasi, Pub dan Dikostik Dilonggarkan
Jurubicara Satgas Covid Sikka Mohamad Daeng Bakir

Maumere-SuaraSikka.com: Kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) di Kabupaten Sikka terkesan diskriminatif. Aktifitas masyarakat dibatasi, sebaliknya pub dan diskotik dilonggarkan.

Kebijakan ini tertuang pada Surat Edaran Nomor Satuan Tugas 05/C-19/I/2021 tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat dalam Wilayah Kabupaten Sikka. SE ini ditandatangani Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo.

Pada SE yang baru ini, poin pertama menegaskan kebijakan tersebut berlaku sejak Senin(11/1) sampai Minggu (31/1).

“Seluruh aktifitas masyarakat dibatasi sampai pukul 22.00 Wita, dan harus sudah berada di rumah atau tempat tinggal masing-masing,” demikian penegasan poin pertama SE.

Diskriminatif kebijakan terlihat pada poin 8. Di situ disebut aktifitas usaha, pasar, rumah makan, cafe, warung makan, restoran, tekpat wisata dan sejenisnya tetap dapat dilakukan dan dibatasi sampai pukul 22.00 Wita, dengan mempedomani protokol kesehatan. Khusus Pub dan diskotik dibatasi sampai pukul 24.00 Wita.

Jurubicara Satgas Covid Sikka Mohamad Daeng Bakir membenarkan pemberlakuan PKM sesuai SE yang terbaru.

Terkait kebijakan untuk pub dan diskotik hingga pukul 24.00 Wita, dia menjelaskan hal itu sesuai pertimbangan Bupati Sikka.

“Pengusaha pub dan diskotik ketemu Bupati. Mereka sampaikan keluhan karena usaha mereka tidak bisa berjalan akibat adanya kebijakan pembatasan aktifitas masyarakat,” jelas Daeng Bakir.

Dia menambahkan, pertimbangan Bupati Sikka terkait pendapatan pengusaha pub dan diskotik, yang secara tidak langsung berhubungan juga dengan kontribusi bagi pendapatan daerah.

Daeng Bakir mengatakan bukan berarti pengusaha lainnya tidak memberikan kontribusi pendapatan bagi daerah.

Hanya saja, kata dia, pengusaha lain bisa membuka usaja sejak pagi hari, sementara pub dan diskotik baru dibuka pada pukul 20.00 Wita.

Untuk mendukung pelaksanaan kebijakan PKM, lanjut dia, Satgas Covid Sikka akan melakukan pengetatan pemantauan. Dia berharap masyarakat melaksanakan PKM secara bertanggungjawab.*** (eny)

Operasi Lilin Turangga Mulai Hari Ini, Polres Sikka Apel Gelar Pasukan

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini