Terkonfirmasi Positip Rapid Antigen, Pasien dari Ende Nekad Pulang Paksa

0
461
Jurubicara Satgas Covid Sikka Bidang Kesehatan Dokter Clara Francis

Maumere-SuaraSikka.com: Seorang pasien dari Kabupaten Ende nekad pulang paksa setelah mengetahui dirinya terkonfirmasi positip rapid antigen.

Peristiwa ini terjadi Jumat (15/1) di RSUD TC Hillers Maumere. Diduga dia tidak menerima kenyataan dengan status kesehatan yang terbaru.

Jurubicara Satgas Covid Sikka Bidang Kesehatan Dokter Clara Francis, yang dikonfirmasi Sabtu (16/1), membenarkan aksi pulang paksa pasien asal Kabupaten Ende itu.

“Iya betul, yang bersangkutan masuk dengan gagal ginjal. Tapi dia juga positip rapid antigen. Dia menolak dirawat, dan akhirnya minta pulang paksa,” jelas Dokter Clara Francis.

Dia menjelaskan sebenarnya pihak RSUD TC Hillers sudah memberikan KIE secara maksimal kepada pasien tersebut. Namun pasien ini mengabaikan penjelasan rumah sakit, dan tetap memaksa untuk pulang.

“Rumah sakit bikin surat pernyataan pemulangan paksa karena permintaan sendiri. Dia tanda tangan,” ujar Dokter Clara Francis yang juga mantan Direktur RSUD TC Hillers itu.

Satgas Covid Sikka, kata dia, sudah menempuh langkah lain dengan mengontak Satgas Covid Ende, untuk menginformasikan tentang pasien tersebut. Nantinya Satgas Covid Ende yang akan mengambilalih penanganan selanjutnya.*** (eny)

 

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini