Satgas Covid Sikka Segera Rehab Ruang Isolasi di Lela dan Kewapante

0
194
Satgas Covid Sikka Segera Rehab Ruang Isolasi di Lela dan Kewapante
Jurubicara Satgas Covid Sikka Mohamad Daeng Bakir

Maumere-SuaraSikka.com: Satgas Covid Sikka akan segera merehabilitasi masing-masing 1 ruangan di RS Santo Gabriel Kewapante dan RS Santa Elisabeth Lela untuk dijadikan ruang isolasi.

Informasi ini disampaikan Jurubicara Satgas Covid Sikka Mohamad Daeng Bakir, Jumat (22/1), di ruang kerjanya di Kantor BPBD Sikka.

“Segera kami rehab. Ini sedang dalam proses, termasuk menunjuk penyedia jasa,” terang Mohamad Daeng Bakir yang juga adalah Kepala BPBD Sikka.

Dia menjelaskan dua rumah sakit swasta itu sebagai second line dari RSUD TC Hillers yang merupakan rumah sakit rujukan Covid-19.

BPBD Sikka bersama Dinas PUPR Sikka, kata dia, beberapa waktu lalu sudah melakukan survei lokasi yang bakal difungsikan sebagai ruang isolasi. Dinas PUPR telah membuat gambar, menghitung biaya rehabilitasi, dan sekaligus membuat rancangan anggaran biaya.

“Hanya rehab ringan saja, karena itu kami harapkan bisa dikerjakan secepatnya, dua minggu begitu, sehingga sudah bisa difungsikan,” jelas dia.

Penambahan dua ruang isolasi, lanjut dia, untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19, karena kapasitas fasilitas yang tersedia masih sangat terbatas.

Secara teknis, kata dia, pengaturan penempatan pasien Covid-19 menjadi kewenangan penanggungjawab pasien.

Tentang tenaga kesehatan pada ruang isolasi yang baru, Mohamad Daeng Bakir menjelaskan akan ditempatkan tenaga kesehatan dari masing-masing rumah sakit. Para nakes akan membantu tim dokter yang bertugas.

Mohamad Daeng Bakir memastikan bahwa sementara ini terjadi peningkatan jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Sikka. Karena itu dia berharap masyarakat terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini