Ande Manuk, Mantan Bupati Lembata Dua Periode, Tutup Usia

0
195
Ande Manuk, Mantan Bupati Lembata Dua Periode, Tutup Usia
Mantan Bupati Lembata Andreas Duli Manuk (foto: istimewa)

Maumere-SuaraSikka.com: Kabar duka menyelimuti Kabupaten Lembata. Mantan Bupati dua periode Andreas Duli Manuk tutup usia, Jumat (26/2), dalam usia 81 tahun.

Dari berbagai informasi yang dirangkum media ini, Ande Manuk menghembuskan napas terakhir di RSUD Lewoleba setelah sebelumnya mengalami sakit yang cukup lama.

Bupati pertama Kabupaten Lembata itu menjalani perawatan intensif selama kurang lebih 1 bulan. Dia menderita gula darah dan berbagai sakit lainnya.

Ande Manuk menderita sakit kurang lebih 4 tahun terakhir. Berbagai perawatan medis sudah dilakukan.

Politisi Partai Golkar ini pernah menjadi Ketua DPRD Flotim Periode 1999-2004. Jabatan itu dia emban hanya setahun, setelah Kabupaten Lembata mekar dari Flotim.

Ande Manuk kemudian melirik kursi tertinggi eksekutif. Berpasangan dengan Felix Kobun, keduanya dipercayakan memimpin Kabupaten Lembata Periode 2001-2006.

Memimpin Lembata pada awal otonomi, Ande Manuk merangkul seluruh potensi untuk bersama-sama membangun kabupaten itu. Dia sangat piawai menjadi manajer pemerintahan.

Pada awal-awal kepemimpinannya, dia memaksimalkan program coffee morning setiap bulan. Dia mengumpulkan semua pimpinan perangkat daerah untuk mencari tahu sejauh mana dinamika dan progress kerja pada setiap instansi.

Pada momen seperti ini, dalam suasana santai, Ande Manuk memberikan visi misi, pandangan, gagasan, dan konsep untuk mengejar target pembangunan. Sering kali dia melibatkan jurnalis untuk memberikan sentuhan dari sisi jurnalistik.

Sukses pada periode pertama, Ande Manuk dipercayakan lagi untuk periode kedua 2006-2011. Kali itu dia berpasangan dengan Andreas Nula Liliweri.

Ande Manuk menikah dengan Margareta Hurek Manuk, dan dikaruniai 6 orang anak, yakni Melania Manuk, Theresia Abon Manuk (almarhumah), Wilhelmus Sodi Manuk, Anastasia Bunga Manuk, Rafael Brekeng Manuk (almarhum), dan Oncu Ni Manuk.

Jenazah Ande Manuk kini disemayamkan di kediamannya di bilangan Kota Baru Lewoleba. Rencananya proses penguburan akan dilaksanakan pada Minggu (28/2).*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini