Wabup Sikka: Pemerintah Perlu Kritikan dan Kontrol Sosial

0
453
Wabup Sikka: Pemerintah Perlu Kritikan dan Kontrol Sosial
Wakil Bupati Sikka Romanus Woga

Maumere-SuaraSikka.com: Wakil Bupati Sikka Romanus Woga menegaskan bahwa pemerintah perlu mendapatkan kritikan dan kontrol sosial dari masyarakat.

Penegasan itu dia sampaikan saat sidang paripurna penutupan LKPJ Bupati Sikka Akhir TA 2020, Rabu (31/3).

Dia mengatakan bahwa pemerintahan yang efektif lahir dan berkembang dalam sistem demokrasi yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, sehingga mampu melahirkan demokrasi yang pro rakyat dan memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya.

Dia menambahkan pemerintah yang efektif memerlukan kritikan, sorotan dan masukan. Dengan demikian terwujud keseimbangan tugas pokok fungsi dan peran masing-masing lembaga. Namun, ingatnya, harus tetap dalam semangat kemitraan yang menjunjung tinggi azas proporsionalitas.

Suasana sidang paripurna penutupan LKPJ Akhir TA 2020, Rabu (31/3) malam

“Kita butuh kontrol sosial masyarakat juga, sangat dibutuhkan, guna menciptakan pemerintahan yang efisien, efektif, dan bersih dari korupsi kolusi dan nepotisme,” ungkap dia.

Pendapat simpatik ini untuk mengapresiasi kemitraan antara eksekutif dan legislatif di daerah itu, yang telah selesai membahas dan mendalami LKPJ Akhir TA 2020 selama kurang lebih satu minggu.

“Kami mencatat beberapa pandangan kritis, transparan, objektif yang telah disampaikan sebagai gambaran betapa dinamisnya demokrasi di Nian Sikka,” kata dia.

Romanus Woga yang menyebut dirinya dengan RW mengatakan pemerintah tetap berupaya mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan kemasyarakatan, di tengah berbagai kendala yang dihadapi.

Oleh karena itu, lanjut dia, dukungan Dewan sangat penting untuk guna tercapainya kehidupan masyarakat yang adil dan makmur baik materil maupun spirituil.

“Mari kita tingkatkan sinergitas antara lembaga elsekutif dan legislatif sehingga dalam memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada, guna merumuskan kebijakan yang efektif dan efisien untuk kebaikan dan kesejahteraan masyarakat Sikka,” ajak dia.

RW mengikuti agenda pembahasan LKPJ Akhir TA 2020 sejak dimulai Selasa (23/3) malam hingga berakhir pada Rabu (31/3) malam. Lelaki uzur 73 tahun ini selalu tampil khas dengan kesan positip dan gaya merangkul.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini