JKN-KIS Tanggung Penuh Biaya Operasi Usus Buntu Ian

0
97
JKN-KIS Tanggung Penuh Biaya Operasi Usus Buntu Ian
Konterius Lise sambil terbaring menunjukkan KIS miliknya

Maumere-SuaraSikka.com: Konterius Lise alias Ian bersyukur sekali. Biaya operasi usus buntu dirinya ditanggung penuh program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Laki-laki 25 tahun ini mengaku merasakan betul manfaat dari kehadiran JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan.

Buat dia, pengalaman itu membuktikan bahwa JKN-KIS telah memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih baik dan mudah.

“Saya sangat terbantu sekali dengan kehadiran program JKN-KIS,” syukur dia.

Ian, warga Kabupaten Sikka Propinsi NTT itu, mengalami usus buntu. Oleh dokter di rumah sakit, dia disarankan harus menjalani operasi.

Awalnya dia ragu dan kuatir, mengingat biaya operasi yang dalam hitungannya sangat mahal. Sementara dia sendiri tidak punya penghasilan yang cukup.

Dari seorang petugas kesehatan, Ian mendapatkan informasi bahwa JKN-KIS bisa menjaminkan biaya operasi usus buntu. Spontan, Ian langsung bersemangat karena selama ini dirinya terdaftar sebagai peserta aktif JKN-KIS.

“Waktu dengar informasi dari petugas kesehatan, saya langsung tunjukkqn KIS. Hati saya langsung tenang. Saya tidak kuatir lagi,” cerita dia.

Alhasil Ian pun mulai mengurus administrasi untuk menjalani operasi usus buntu. Dan pada akhirnya operasi berlangsung sukses, tanpa ada biaya sepeser pun.

“Saya tidak keluarkan biaya. Semuanya dijamin JKN-KIS. Terima kasih pemerintah. Luar biasa sekali program ini,” ungkap dia haru.

Selain biaya kesehatan yang sudah ditanggung negara, Ian juga bersyukur karena mendapatkan pelayanan yang ideal dari dokter dan petugas medis di rumah sakit.

“Pelayanan sangat baik sekali. Dokter dan petugas kesehatan begitu ramah. Tidak ada perbedaan antara pasien umum dan pasien peserta JKN-KIS,” kata dia.

Mendapatkan pengalaman dan manfaat berhaega dari JKN-KIS, Ian berharap program ini terus dipertahankan dan harus berkesinambungan. Alasannya karena manfaat JKN-KIS sangat luar biasa dan nyata, sebagaimana yang dia alami.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini