Penderita Kronis Ini Andalkan JKN-KIS, Rutin Berobat Tanpa Biaya

0
66
Penderita Kronis Ini Andalkan JKN-KIS, Rutin Berobat Tanpa Biaya
Lusia Paresore

Maumere-SuaraSikka.com: Biaya kesehatan yang mahal sering kali menjadi kendala. Tapi penderita kronis yang satu ini merasa nyaman saja. Dia rutin berobat tanpa biaya karena mengandalkan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Lusia Paresore, peserta JKN-KIS ini mengalami sakit kronis sangat mengganggu. Dia menderita diabetes mellitus dan hipertensi. Dan karena itu dia harus menjalani pengobatan rutin setiap bulan.

Berobat rutin setiap bulan, bukan hal yang mudah bagi perempuan 45 tahun yang biasa disapa Lusia itu. Penghasilan yang pas-pasan, kerap membuat dia harus berhitung secara baik agar bisa memenuhi semua tuntutan kebutuhan hidup.

Di tengah kegelisahan itu, justeru JKN-KIS hadir memberikan jawaban untuk urusan kesehatan. Program ini menjaminkan Lusia untuk berobat rutin tanpa biaya.

Lusia dengan penuh semangat menuju kesembuhan, akhirnya rutin setiap bulan memeriksakan kesehatan pada salah satu fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Jujur saja, jika tanpa JKN-KIS, saya tidak sanggup untuk biaya berobat rutin. JKN-KIS sangat-sangat membantu sekali. Luar biasa,” ujar Lusia sambil menunjukkan KIS miliknya.

Dia mengatakan seluruh biaya pengobatan setiap bulan sepenuhnya dijamin JKN-KIS tanpa ada biaya sepeser pun. Praktis, kondisi penyakit kronis yang dia derita, terus terkontrol dengan baik hingga kini.

Lusia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang mencanangkan program JKN-KIS. Dia menaruh harapan besar agar masyarakat semakin mempercayai program ini.

Dengan prinsip gotong-royong, kata dia, JKN-KIS sangat membantu peserta yang sedang sakit dan membutuhkan biaya pelayanan kesehatan.

Karena itu, kata dia, BPJS Kesehatan selaku penyelenggara perlu berkomitmen melaksanakan program ini bagi kepentingan besar masyarakat. Demikian pun fasilitas kesehatan, harus meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini