Bencana di Flotim, Lembata, Alor: 96 Mati, 69 Sedang Dicari

0
244
Operasi Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi seorang korban di Desa Nelelamadike Ile Boleng, Selasa (6/4) (foto: istimewa)

Maumere-SuaraSikka.com: Data sementara korban banjir bandang dan longsor di Kabupaten Flores Timur, Lembata, dan Alor menyebutkan 96 orang mati dan 69 dalam proses pencarian.

Rilis ini disampaikan Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, Rabu (7/4), hingga pukul 12.00 Wita. Tim SAR Gabungan terus melakukan operasi kemanusiaan.

Flores Timur mencatat korban jiwa paling banyak yakni 64 orang, dengan 4 orang masih dalam pencarian.

Data korban meninggal di Flotim telah diperbaharui, karena sehari sebelumnya Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere justeru merilis 69 korban jiwa.

“Sudah dilakukan kroscek ulang, korban meninggal di Flotim untuk saat ini 64 orang,” terang Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere I Putu Sudayana.

Dia menambahkan operasi kemanusiaan pada Selasa (6/4) kemarin berhasil mengevakuasi 10 korban meninggal di Desa Nelelamadike Kecamatan Ile Boleng.

Dari Alor, diinformaskan 17 orang meninggal dunia, dan 24 dalam pencarian. Sementara dari Lembata terdata 15 meninggal dunia dan 41 orang dalam pencarian.

Pelaksanaan operasi Tim SAR Gabungan di Pulau Adonara Flotim didukung 1 unit Alut dari RIB 500 PK Kansar Maumere, 1 unit mobil truk personil Kansar Maumere, dan 1 unit mobil Rapid Landa Kansar Maumere. Berikutnya 1 unit excavator PT Bumi Indah, 1 set peralatan mounteneering, dan peralatan SAR lainnya.

Tim SAR Gabungan yang melaksanakan operasi dari unsur Tim Rescue Kansar Maumere, PMI Sikka, Polres Flotim, Koramil Adonara, Polair Flotim, BPBD Flotim, Puskesmas Ile Boleng, PT Bumi Indah, keluarga korban dan masyarakat setempat.

Kegiatan operasi Tim SAR Gabungan di Kabupaten Lembata, Selasa (6/4) (foto: istimewa)

Sementara dari Lembata dilaporkan kegiatan evakuasi korban dilaksanakan pada lokasi bencana yakni di Desa Amakaka Kecamatan Ile Ape, serta Desa Waimatan dan Desa Lamawolo Kecamatan Ile Ape Timur.

Operasi Tim SAR Gabungan di tiga desa ini melibatkan unsur Tim Rescue Kantor SAR Maumere, Koramil Lembata, Pos AL Lembata, Polres Lembata, BPBD Lembata, PMI Lembata, Polair Polres Flotim, bersama keluaraga korban dan masyarakat setempat.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini