Final Copa del Rey: Barcelona Menang Telak

0
293
Final Copa del Rey: Barcelona Menang Telak
Lionel Messi menjebol gawang Athletic Bilbao pada Final Copa del Rey Spanyol 2021 di stadion La Cartuja di Sevilla, Spanyol, Minggu (18/4) (foto: istimewa)

Maumere-SuaraSikka.com: Barcelona sukses mengalahkan Athletic Blibao dan menjuarai Copa del Rey 2020-2021. Tim Catalan ini menang telak 4-0 (0-0) di Estadio de La Cartuja, Minggu (18/4) dini hari Wita.

Ini adalah kali keempat Barcelona unggul atas Bilbao di Final Copa del Rey. Sebelumnya, Tim Catalan itu berhasil membekuk Bilbao pada partai puncak kompetisi pada musim 2008-2009, 2011-2012, 2014-2015.

Megabintang Lionel Messi menyumbangkan gol pada menit ke-68 dan 72. Dua gol lain disumbangkan Antoine Griezmann pada menit ke-60 dan Frenkie de Jong menit ke-63.

Dua gol Messi di laga ini mengangkat pundi-pundinya menjadi 9 gol di 10 final Copa del Dey selama berkarier di Barcelona.

La Pulga menjadi pemain dengan jumlah gol terbanyak di partai final dalam sejarah kompetisi.

Bintang Barcelona Lionel Messi memegang trofi setelah memenangkan Final Copa del Rey Spanyol 2021 (foto: istimewa)

Keberhasilan ini merupakan gelar perdana yang dipersembahkan Ronald Koeman untuk Barcelona.

Blaugrana pun turut mengakhiri puasa gelar setelah terakhir kali mengangkat trofi Liga Spanyol pada 2019.

Pada pertandingan final Copa del Rey, para pemain Barcelona memakai pita hitam di bagian lengan. Ini sebagai bentuk penghormatan kepada mantan Wakil Presiden Barcelona Periode 1978-2000 dan salah satu pendiri la Masia, Josep Mussons, yang meninggal dunia beberapa jam sebelum laga.

Blaugrana mendominasi pada babak pertama. Setidaknya tujuh tembakan ke gawang Los Leones, julukan Bilbao, yang dijaga Unai Simon. Hanya satu tembakan yang tepat sasaran, itu pun belum mampu merobek gawang lawan.

Sebuah peluang yang membahayakan hadir pada menit ke-5 lewat Frenkie de Jong usai menerima umpan tarik Lionel Messi di dalam kotak penalti Bilbao.

Sepakan kaki kanan mendatar de Jong hanya mengenai tiang kanan gawang Bilbao sehingga gagal berbuah gol.

Los Leones hanya bisa mengancam Barcelona sekali pada babak pertama. Satu-satunya peluang pasukan Marcelino Garcia dibuat pada menit ke-12.

Peluang bermula ketika Alex Berenguer mengirim umpan terukur lewat tendangan bebas.

Bola sampai ke Inigo Martinez, tetapi sontekannya masih menyamping di sisi kanan gawang Barca.

Barca terus berupaya menggempur Bilbao dengan penguasaan bola hingga 85 persen.

Namun, upaya Lionel Messi selalu tidak dapat membuat peluang berbahaya lagi. Turun minum skor 0-0.

Seusai turun minum, Barca mendapat peluang emas pada menit ke-48. Lionel Messi mengirimkan umpan terobos ke dalam kotak penalti Bilbao.

Segino Dest menyambut kulit bundar kemudian meneruskan ke Antoine Griezmann.

Peluang tersebut gagal menjadi gol. Simon mampu menahan bola, lalu memantul lagi ke Griezmann, dan bola ke luar lapangan.

Lionel Messi berebut bola melawan Inigo Lekue dari Athletic Bilbao (foto: istimewa)

Pada menit ke-60, peluang hadir lagi untuk Barca lewat Griezmann. Kali ini striker asal Perancis itu sukses mencetak gol usai menerima crossing mendatar yang akurat dari De Jong di sisi kanan penyerangan.

Unggul 1-0, Blaugrana semakin menggila. Tiga menit sesudahnya, De Jong yang sebelumnya mencatat assist, kini berganti menjadi pencetak gol.

Gol sang gelandang ini tidak terlepas dari crossing matang Jordi Alba dari sisi kiri. Sempat memantul ke rumput, bola dapat disambut De Jong dengan tandukan yang menjadi gol kedua Barca.

Tim Catalan tidak tertahankan. Messi berkombinasi dengan De Jong dari sisi tengah. Sentuhan satu dua yang cepat, bola jatuh ke kaki Messi yang sudah masuk ke dalam kotak pinalti Bilbao.

Megabintang asal Argentina itu kemudian menuntaskannya dengan sepakan kaki kiri ke tiang jauh yang tidak mampu dijangkau Simon.

Messi kembali mencetak gol keduanya. Jordi Alba lagi-lagi menjadi aktor pencatat assist setelah overlap dan mengirim crossing dari sisi kiri.

Bola sampai ke Messi. Dia lalu mengeksekusi dengan sepakan kaki kiri keras sehingga Simon kembali tidak berdaya.

Bilbao sempat membalas peluang lewat Raul Garcia dari sepak pojok.

Sayang, sundulannya tidak mampu membuat timnya memberikan gol balasan.

Barca sebenarnya mengoleksi gol kelima melalui Griezmann pada 10 menit terakhir. Namun wasit menganulirnya karena dia sudah berada pada posisi offside.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini