90 Pelajar SMK Negeri 1 Maumere Ikuti Uji Sertifikasi Kompetensi

0
794
90 Pelajar SMK Negeri 1 Maumere Ikuti Uji Sertifikasi Kompetensi
Pelajar SMK Negeri 1 Maumere Jurusan Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan (KGSP) sedang mengikuti Uji Sertifikasi secara tertulis, Jumat (21/5)

Maumere-SuaraSikka.com: Sebanyak 90 pelajar SMK Negeri 1 Maumere, Jumat (21/5), mengikuti Uji Sertifikasi yang dilaksanakan secara terpusat di sekolah itu.

Para pelajar ini berasal dari 3 jurusan yakni Konstruksi Jalan Irigasi dan Jembatan (KJIJ) sebanyak 16 orang, Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan (KGSP) sebanyak 26 orang, dan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) sebanyak 48 orang.

Pelajar peserta uji sertifikasi mengikuti seremoni pembukaan

Kegiatan ini difasilitasi Balai Jasa Konstruksi Wilayah 4 Surabaya, yang merupakan salah satu unit kerja di bawah Kementerian PUPR.

Balai Jasa Konstruksi Wilayah 4 Surabaya membawahi 6 propinsi yakni Jawa Timur, DIY, Jawa Tengah, Bali, NTB, dan NTT.

Uji Sertifikasi bagi para pelajar calon lulusan SMK Negeri 1 Maumere ini melibatkan Tim Asesor dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).

Rosmiyati A. Bella, salah satu asesor Uji Sertifikasi bagi pelajar SMK Negeri 1 Maumere

Sebanyak 4 orang asesor yang terlibat, yakni Robert Raya Wulan, Wilson Manafe, Marianus Lota Billya, dan Rosmiyati A. Bella.

Rico Prasetyo Cahyoindra dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah 4 Surabaya menjelaskan kegiatan Uji Sertifikasi dalam rangka menjalankan amanat UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

“Undang-Undang mewajibkan semua pekerja jasa konstruksi baik di level trampil maupun ahli, harus memiliki sertifikat,” kata dia.

Rico Prasetyo Cahyoindra (paling kiri) dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah 4 Surabaya

Uji Sertifikasi, kata dia, juga menindaklanjuti perjanjian kerja sama antara Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Dikbud dengan Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, dalam kaitan dengan peningkatan kompetensi di SMK.

Selain itu, tambahnya, Ditjen Bina Konstruksi telah menerbitkan surat edaran tentang pemberian kompetensi tambahan dan sertifikasi kompetensi bagi lulusan dan calon lulusan SMK, Politeknik dan perguruan tinggi bidang jasa konstruksi.

Rico Prasetyo Cahyoindra menjelaskan Uji Sertifikasi bagi 90 pelajar SMK Negeri 1 Maumere merupakan kegiatan lanjutan.

Sebelumnya, kata dia, Balai Jasa Konstruksi Wilayah 4 Surabaya telah memberikan pembekalan kompetensi tambahan secara online di tengah masa pandemi.

“Yang lulus online, hari ini ikuti lagi Uji Sertifikasi. Ada tiga metode yakni ujian tertulis, ujian praktik, dan wawancara,” jelas dia.

Kepala SMK Negeri 1 Maumere Adelbertus Hasulie mengenakan tanda peserta kepada pelajar peserta Uji Sertifikasi

Dia menjelaskan Uji Sertifikasi bagi pelajar SMK bertujuan untuk mencetak sumber daya manusia konstruksi level trampil yang bersertifikat kompeten dan andal.

Tujuan lain, kata dia, untuk meningkatkan daya saing para calon lulusan SMK yang nantinya dinyatakan kompeten. Dan juga
menjamin pelaksanaan kegiatan telah memenuhi standar kompetensi yang berlaku.

Para pelajar peserta Uji Sertifikasi yang lulus akan mendapatkan sertifikat kompetensi, dan bisa langsung bekerja pada perusahaan yang membutuhkan.

Jurusan DPIB dengan jabatan kerja juru gambar arsitektur, jurusan KGSP dengan jabatan kerja
pelaksana lapangan pekerjaan gedung, dan jurusan KJIJ dengan jabatan kerja pelaksana lapangan pekerjaan jalan.

Kepala SMK Negeri 1 Maumere Adelbertus Hasulie menyambut hangat kegiatan ini. Dia menyebut pelaksanaan Uji Sertifikasi bagi pelajar SMK Negeri 1 Maumere merupakan bentuk tanggung jawab moral sekolah sebagai institusi penyelenggara pendidikan vokasi dalam mempersiapkan lapangan kerja bagi lulusan sekolah tersebut.

“Peran pihak sekolah tidak hanya sebatas mengajar, mendidik, dan melatih siswa, namun harus berkelanjutan hingga siswa mendapat pekerjaan,” kata dia.

Seremoni pembukaan Uji Sertifikasi berlangsung di Lantai 2 SMK Negeri 1 Maumere, ditandai dengan pengenaan tanda peserta ujian kepada 4 perwakilan pelajar.

Kepala Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Sikka Yohanes Audax

Kepala Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Sikka Yohanes Audax hadir pada kesempatan itu, dan membuka secara resmi kegiatan Uji Sertifikasi.

Mantan Camat Tanawawo itu memberikan apresiasi kepada SMK Negeri 1 Maumere yang terus menggalang kerja sama dengan sejumlah kementerian dalam rangka mendukung masa depan para lulusan dari sekolah tersebut.

Catatan media ini, dalam beberapa tahun terakhir ini, pelajar SMK Negeri 1 Maumere beberapa kali mengikuti uji sertifikasi di bidang kelistrikan, bekerjasama dengan unit-unit kerja di bawah Kementerian ESDM.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini